Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Pengusik Harley-Davidson dan Victory dari BMW

Kompas.com - 25/05/2015, 10:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Cernobbio, KompasOtomotif – BMW memperlihatkan model sport touring bergaya bagger untuk mengusik eksistensi Harley-Davidson dan Victory. Sepeda motor konsep yang diberi nama Concept 101 itu debut di Concorso d’Eleganza at Villa d’Este, Danau Como, Cernobbio, Italia, (22/5/2015).

Desain unik itu dibantu builder kondang Roland Sands dari Roland Sands Design (RSD). Konsep dasarnya, sepeda motor touring berperforma tinggi, tapi buntutnya bergaya bagger dengan ruang dimensi rendah dan banyak ruang penyimpanan.

Mesin BMW 6-silinder, 1.649 cc diklaim bakal punya torsi besar yang membuat berkendara semakin nikmat. Posisi berkendara juga menjanjikan, tampak akan sangat nyaman khas bagger jika dibuat menjelajah seharian penuh.

Edgar Heinrich, Head of BMW Motorrad Design, mengatakan bahwa Concept 101 membuka babak baru dalam sejarah sepeda motor konsep BMW. Inilah interpretasi BMW Motorrad dari sepeda motor jalanan, mewakili mimpi dan kebebasan, sempurna untuk touring di Amerika.

BMW Motorrad Tampak belakang, khas sport bagger Amerika.

”Studi untuk mendesain sepeda motor besar touring sangat menakjubkan, karena tidak pernah kami lakukan sebelumnya. Buat saya, Concept 101 adalah wakil dari unsur elegan, tenaga, dan kemewahan di atas roda dua,” ujar Heinrich.

Desain

Mengusung model seperti itu, bidikan utama adalah konsumen dari Amerika Serikat. Kata ”101” mewakili ukuran silinder 101 cubic inch, seperti penyebutan yang biasa diucapkan orang Amerika. Dalam siaran pers juga disebutkan bahwa pemusatan desain dilakukan di BMW Group subsidiary Designworks, Newbury Park, California.

BMW Motorrad Bagian depan, masih ada warna BMW K1600GT.

Untuk sementara, tenaga dari mesin sama seperti yang dipakai BMW K1600GT. Gaya knalpot ganda akan membedakan gelegar suara yang keluar dengan model BMW lainnya. Sentuhan RSD membantu menarik hati orang Amerika, seperti desain penutup rumah kopling, rantai timing dan lainnya.

Ban depan besar juga sedang menjadi tren ”American bagger”. Kendati banyak dipengaruhi gaya Amerika, unsur khas BMW tetap dipertahankan dari berbagai fitur dan suspensi. Bodi sangat menarik, kombinasi dari aluminium dan serat karbon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com