Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Toyota Innova dan Fortuner Belum Perlu "Recall"

Kompas.com - 22/12/2016, 19:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –  Toyota Astra Motor (TAM) sudah mengambil sikap, tidak ada recall atau penarikan kembali buat  All-New Innova dan All-New Fortuner. Semua keluhan konsumen terkait masalah transmisi otomatis sudah dianalisa dan ditemukan solusinya, konsumen yang merasa mengalami diharapkan mengunjungi bengkel resmi Toyota agar diperiksa dan diperbaiki.

Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM  Marketing and Sales TAM menjelaskan masalah pada transmisi Innova dan Fortuner tidak membutuhkan recall karena tidak berkaitan dengan aspek keselamatan penumpang.

“Kalau recall itu kan esensinya penarikan kembali. TAM akan melakukan recall kalau kasus itu memang berkaitan dengan keselamatan,” ujar pria yang akrab disapa Soerjo itu saat dihubungi KompasOtomotif, Kamis (22/12/2016).

KompasOtomotif Transmisi otomatis Innova terbaru dengan tipe 6 percepatan

Sebelumnya, TAM sudah melakukan recall terhadap lebih dari 40.000 unit yang terdiri dari empat model, yaitu Camry, Corolla, Vios, dan Yaris. Kampaye itu dilakukan karena masalah pada kantong udara merek Takata dan sudah diumumkan pada Juli lalu  

Baca: Konsumen Innova Sudah Patah Arang soal Transmisi

Dihubungi pada saat hampir bersamaan, Dadi Hendriadi, General Manager Technical Service TAM menjelaskan, masalah transmisi otomatis tidak terjadi pada semua unit Innova dan Fortuner.

Kejadian yang dikeluhkan konsumen dinamakan shift shock. Penjelasannya, kopling yang ada di dalam transmisi menyambung lebih cepat dari yang lain. Kejadian itu terjadi karena kurang sinkronisasi pelepasan dan persambungan beberapa kopling di dalam transmisi otomatis.

“Sekarang semua bengkel Toyota sudah bisa menangani masalah shift shock dengan memprogram ulang. Cuma perlu waktu kurang dari sejam,” kata Dadi. 

Konsumen yang komplain sudah ditangani. Soerjo mengajak jika ada konsumen yang merasakan keluhan sama untuk mendatangi bengkel resmi Toyota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com