Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Toyota Indonesia Selevel di Atas Merek Lain

Kompas.com - 19/12/2016, 12:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Soal diler mobil, Toyota di Indonesia belum tersentuh. Sampai tahun ini, PT Toyota Astra Motor (TAM) bersiap menyongsong jumlah jaringan yang mencapai 295 titik. Bahkan, belakangan, fokus penambahan mulai dikuatkan untuk menjangkau kota-kota kecil.

Target TAM mengutip dari penyataan Wakil Presiden Direktur Henry Tanoto, tahun depan akan ada penambahan 10 outlet yang terletak di kawasan penyangga kota besar, meski penambahan jaringan di kota-kota besar tetap jadi perhatian.

”Kami mulai memikirkan untuk masuk ke daerah tingkat II, kabupaten, untuk lebih dekat dengan konsumen. Di kota besar juga tetap, karena kebutuhan juga meningkat, permintaan, kapasitas bengkel dan sebagainya,” kata Henry (16/12/2016).

Menurut Henry, banyak konsumen Toyota yang merasa butuh dekat dengan diler, terutama di daerah-daerah terpencil. Misalnya untuk servis, kalau biasanya ke kota konsumen menempuh perjalanan 2-3 jam, sekarang bisa cuma 20 menit dengan diler baru.

Ini soal kenyamanan, lanjut Henry, dan itu akan terus dilakukan TAM terutama untuk wilayah di Kalimantan, Sumatera, dan Indonesia bagian Timur.

”Produk sudah pasti tetap menjadi perhatian utama, dan kami selalu memperhatikan kebutuhan yang berkembang. Pasti ada produk baru, soal apa saja produknya, ditunggu saja,” ujar Henry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com