Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Genjot Pengembangan Mobil Listrik

Kompas.com - 18/11/2016, 18:14 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Nagoya, KompasOtomotif - Sempat alergi merealisasikan mobil listrik dalam waktu dekat, Toyota akhirnya menyerah. Kali ini, mereka sedang menggenjot perencanaan baru, di mana bakal menghadirkan mobil listrik dalam waktu dekat, di 2020.

Pihak Toyota sudah mengkonfirmasi, kalau bulan depan perusahaan patungan (in-house venture company) yang khusus mengurusi mobil listrik ini, akan meluncur. Perusahaan patungan kecil tersebut akan diisi oleh empat orang, yang masing-masing berasal dari Toyota Industries Corporation, Aisin Seiki Co., Ltd., Denso Corporation dan Toyota Motor Corporation.

"Selama beberapa tahun terakhir, Toyota memperkuat diri dengan menanam benih untuk masa depan. Mulai dari pembangunan Toyota Reseach Institute, memiliki Daihatsu sepenuhnya, dan mengembangkan mobil kompak untuk negara berkembang. Kali ini, pembangunan struktur organisasi baru khusus Electric Vehicle (EV) adalah juga bagian dari itu," ujar Akio Toyoda, Presiden TMC, dalam siaran resminya, Jumat (18/11/2016).

Baca juga : Toyota Bertaruh Pada Hibrida dan Hidrogen

Mengutip Autoexpress, Jumat (18/11/2016) kalau perusahaan baru ini, akan dibiarkan bekerja secara merdeka, tanpa terpengaruh budaya kerja konvensional. Salah satu alasannya agar bisa fokus dan cepat, dalam menghasilkan produk  EV yang akan dipasarkan. Namun, keempat orang tersebut tetap memiliki akses terkait pengetahuan dari seluruh grup Toyota.

Toyota juga sudah menyadari kalau infrastruktur untuk mobil hidrogen lebih sedikit, daripada mobil listrik. Jadi jika hanya mengandalkan hibrida dan hidrogen, Toyota akan sulit bersaing di pasar (eropa khususnya), jadi keputusan untuk "nyemplung" ke bisnis mobil listrik akhirnya segera diambil.

Jika rencana sebelumnya pembangunan perusahaan petungan akan mulai diresmikan di awal 2017, tapi kali ini rencananya dimajukan menjadi Desember 2016. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com