Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marquez Menang Mutlak di Klasemen Akhir 2016, Rossi "Runner Up"

Kompas.com - 13/11/2016, 21:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

 

Valencia, KompasOtomotif - Pebalap asal Yamaha, Jorge Lorenzo berhasil menjadi jawara pada balap seri pamungkas musim MotoGP 2016 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (13/11/2016). Namun, penampilan gemilangnya kali ini, tidak berhasil membawanya menjadi runner-up juara dunia 2016.

Lorenzo tampil konsisten, di mana dirinya terus memimpin balap mulai dari lap pertama sampai terakhir. Hasil akhir poin Lorenzo hingga akhir musim ini yaitu 233, mengutip MotoGP.com, Minggu (13/11/2016). 

Sementara Valentino Rossi, berhasil menjadi pebalap terbaik kedua di musim ini dengan total raihan poin 261 poin. Pebalap berusia 37 tahun ini kembali harus rela meninggalkan musim 2016 tanpa gelar juara, untuk melengkapi gelar juara dunia kesepuluhnya.

Di sisi lain, perlombaan tahun ini menjadi milik Marc Marquez yang berhasil menjadi juara dunia sebelum seri berakhir MotoGP. Ini merupakan gelar juara dunia ketiga yang diraihnya sepanjang bermain di kelas premier.

Ini merupakan musim terakhir Lorenzo bersama tim yang membesarkannya selama 9 musim, dan beralih ke Ducati tahun depan. Lorenzo sendiri sudah menyumbangkan tiga gelar juara dunia kepada Yamaha.

Pada posisi klasemen keempat ada pebalap muda Maverick Vinales dari Suzuki, dengan total raihan 202. Lalu pada urutan kelima ada Andrea Dovizioso dari tim Ducati, meraih jumlah 171 poin.

MotoGP Klasemen akhir musim 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com