Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

45 Tahun Toyota Jadi Bagian Perjalanan Hidup Wapres

Kompas.com - 30/10/2016, 07:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia merayakan perjalanan 45 tahun di Tanah Air, Sabtu (29/10/2016). Ragam kesuksesannya mendapat sambutan hangat dari Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, yang hadir dalam seremoni perayaan.

Wapres datang bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri, dan para petinggi Toyota, seperti President Director TAM Hiroyuki Fukui, President Director TMMIN Masahiro Nonami, Vice President Director TMMIN Warih Andang Tjahjono, Vice President Director TAM Henry Tanoto, dan jajaran direksi serta manajemen TAM dan TMMIN.

Dalam sambutan pidatonya, JK menyampaikan wujud apresiasi bagi Toyota yang selama ini sudah memberikan kontribusi. Baginya, cerita Toyota sudah menjadi bagian dari perjalanan hidupnya.

"Saya ucapkan selamat kepada Toyota. 45 tahun itu angka yang baik, karena kita merdeka juga di tahun 45. Perjalanan panjang selama 45 tahun Toyota juga merupakan bagian dari hidup saya. Kalau saat ini Kijang sudah enam generasi, saya sudah tiga generasi mengurus Toyota," ujar Jusuf Kalla dalam pidato di Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

President Director TAM Hiroyuki Fukui, mengatakan Indonesia adalah pasar terbesar keempat di dunia. Pencapaian ini tidak lepas dari bentuk kepercayaan masyarakat terhadap produk, teknologi, layanan, serta peran pemerintah.

Febri Ardani/KompasOtomotif Jalur produksi Toyota All-New Kijang Innova di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indoneisa (TMMIN) di Karawang I, Senin (16/11/2015).

Komitmen Toyota untuk terus berinvestasi di Indonesia sebelumnya sudah disampaikan oleh Akio Toyoda, dalam perayaan 40 tahun Toyota. Fukui menjelaskan bahwa Toyoda berkomitmen meningkatkan kontribusi Toyota Group untuk membangun Indonesia.

"Dalam rangka mewujudkan komitmen ini, sebagai salah satu basis global kami bukan hanya mampu meningkatkan kapasitas produksi untuk kendaraan dan mesin, tapi juga memperluas tujuan ekspor. Sekarang kami mengekspor ke 80 negara di mana ekspor CBU membuat peningkatan 89 persen dari total ekspor mobil Indonesia," kata Fukui dalam pidatonya, Sabtu (29/10/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com