Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Silverstone, Inggris

Tim Indonesia Tetap Berikan Kejutan di Nissan GTA 2016

Kompas.com - 27/10/2016, 07:31 WIB
 
Northampton, KompasOtomotif - Nissan GT Academy (GTA) 2016 telah memasuki tahap terakhir dengan menggelar Fun Race di Sirkuit Silverstone, Northampton, Inggris, Rabu (26/10/2016). Setiap peserta membalap menggunakan Nissan 370Z dengan mengelilingi sirkuit kecil Silverstone sebanyak 16 lap.
 
Catra Felder dan Raditya Indra menjadi wakil Indonesia dalam sesi terakhir tersebut. M Pandu Wicaksono yang sebelumnya ikut serta dalam kualifikasi harus puas berada di pit karena terelimininasi saat penyisihan kemampuan slalom (gymkhana).
 
Diandra Gautama selaku mentor menempatkan Catra untuk memulai balapan. Sementara Raditya bersiap menerima estafet dari Catra. 
 
Aris Harvenda - KompasOtomotif Hasil Nissan GTA 2016
Teknis
 
Mengawali balapan dari posisi keempat, Catra mengalami kendala teknis dan harus puas melorot posisi belakang. "Setelah start, saya agak sulit masuk gigi 2 dan akhirnya harus berusaha mengejar," kata Catra usai balapan.
 
Namun Catra tak menyerah dan berusaha merangsek ke posisi keempat. Di putaran kelima, Catra masuk pit untuk bertukar tempat dengan Raditya. Begitu keluar, Raditya langsung mengejar ketertinggalan.
Aris Harvenda - KompasOtomotif Raditya Indera Syahrieza
 
Tercepat
 
Pada lap 13 Raditya menorehkan catatan waktu tercepat yaitu 1 menit 18,763 detik dan berhasil masuk posisi ketiga. Raditya terus memperkecil jarak dengan peserta dari Afrika Utara (posisi 2) dan Meksiko (posisi 1). 
 
Kendati demikian kegigihan tersebut harus terhenti saat bendera finish berkibar dan harus puas di tempat ketiga. Walaupun secara prestasi agak menurun dibanding tahun lalu (finish kedua), namun budaya fastest lap tetap bertahan.
 
"Saat di pit saya tidak terlalu memikirkan posisi yang diraih Catra. Saya hanya fokus pada diri saya dan terus berikan waktu terbaik serta berusaha semaksimal mungkin," ujar Raditya usai melakukan konferensi pers.
 
Raditya terpilih menjadi peserta terbaik dari Indonesia. Menurut Diandra, jika dilihat dari penilaian personil keseluruhan, pemuda yang kerap disapa Dito ini menjadi runner up Best Driver pada GT Academy 2016. Sementara untuk pemenang diraih peserta dari Meksiko, Johnny Guindi Hamui, dan menjadi pebalap Nissan Nismo.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com