Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensor Mundur-Parkir Bakal Jadi Benda Wajib

Kompas.com - 11/09/2016, 15:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif — Demi mengurangi risiko menabrak pejalan kaki saat memundurkan mobil, Pemerintah India siap mengakselerasi rencana membuat sensor parkir-mundur sebagai peranti wajib pada mobil.

Soal bakal aturan baru itu, Abhay Damle, Sekretaris Kementerian Transportasi dan Jalan Bebas Hambatan India, mengatakan bahwa spion saja belum cukup untuk mendeteksi sesuatu di belakang mobil.

"Misalnya, mengindikasikan adanya anak kecil atau obyek yang kecil di atas tanah. Ini juga menjadi salah satu dari sekian banyak blind spot pada mobil. Kami akan membuat rencana ini menjadi hal yang wajib buat para pemilik mobil," kata Damle, mengutip Indianautosblog, Sabtu (10/9/2016).

Kebanyakan produsen mobil meng-install sensor mundur-parkir ini pada varian tertinggi. Konsumen bisa membelinya dengan duit ekstra. Aturan baru ini bakal membuat benda yang bekerja dengan sistem sonar itu pasti ada di semua varian.

Pemerintah juga berpikir untuk membuat sistem peringatan kecepatan juga jadi menjadi hal yang wajib ada pada mobil. Hal ini didasari atas makin banyaknya kematian yang disebabkan oleh kendaraan yang melaju terlalu kencang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com