Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menang "Gymkhana", Bawa Pulang Sonic buat Istri

Kompas.com - 07/08/2016, 09:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Malang, KompasOtomotif — Babak final gymkhana di acara Honda Sonic Infastion yang diselenggarakan Astra Honda Motor (AHM) di Malang, Jawa Timur, Sabtu (6/8/2016), telah memunculkan pemenang, yaitu M Zaenal Arab di kategori umum, dan Indra Rahmat di kategori pelajar.

Masing-masing menyingkirkan tujuh pesaing di kategorinya dan berhak membawa pulang hadiah satu Sonic.

Zaenal yang sudah pengalaman main gymkhana dan freestyle sebelumnya mengatakan, kunci agar juara adalah jeli menyelesaikan rintangan. Selain itu, dia mengatakan, triknya adalah istirahat cukup biar bisa tampil prima.

Sirkuit gymkhana dibuat di area parkir Stadion Kanjuruhan, memiliki panjang sekitar 100 m. Tantangan yang disediakan yaitu jalur lurus, berkelok tajam kanan dan kiri, serta membuat angka 8.

Astra Honda Motor (AHM) Honda Infastion 2016 merupakan aktivitas yang digelar Astra Honda Motor (AHM) buat mengasah keterampilan anak muda dalam konsep ghymkhana.
Menurut Zaenal, hal yang paling sulit dilakukan adalah menghapal sirkuit. Pasalnya, jalur berangkat dan kembali hingga finis berbeda. Yang membuatnya semakin menantang, panitia bakal mengenakan penalti tambahan detik kalau peserta melakukan kesalahan.

Jika setelah start kaki menyentuh aspal, catatan waktu ditambah tiga detik; menyentuh kerucut, tambah tiga detik; dan apabila menjatuhkan kerucut, tambah lima detik.  

Saat memperoleh giliran, Zaenal sempat sekali menyentuh kerucut. Catatan waktunya ditambah tiga detik menjadi 2 menit 38 detik. Meski begitu, dia yang jadi juara karena peserta lain banyak melakukan kesalahan, bahkan ada yang sampai diskualifikasi.

Zaenal mengaku sangat gembira karena mendapatkan satu Sonic sebagai hadiah juara. "Mau saya bawa pulang buat istri," katanya.

"Intinya yakin saja. Ini kan final sudah yang terbaik semua pesertanya. Intinya saya harus tenang," ujarnya lagi.

Hoki

Cerita Indra lain lagi. Mahasiswa Universitas Negeri Makassar tersebut pernah ikut lomba gymkhana seperti ini tahun lalu, tetapi tidak lolos sampai babak final. Tahun ini, dia sangat beruntung, bukan hanya karena sampai ke Malang, melainkan juga menjadi satu-satunya peserta yang mencatatkan waktu, yakni 3 menit 34 detik.

Indra dinyatakan sebagai pemenang karena peserta lain didiskualifikasi akibat melakukan kesalahan.

"Dibanding tahun lalu, tahun ini lebih sulit. Tadi saya melakukan kesalahan karena turun kaki, itu penalti tiga detik, tetapi jadi menang karena yang lain sudah didiskualifikasi," kata Indra.

Ganjaran satu Honda Sonic, ucap Indra, mau dipakai buat mejeng di Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com