Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Indonesia Honda CBR250RR Singgah di Jepang

Kompas.com - 27/07/2016, 08:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Honda CBR250RR sudah melakukan debut dunia di Jakarta, Indonesia, Senin (25/7/2016). Kendati konsentrasi masih untuk memenuhi pasar domestik, namun PT Astra Honda Motor (AHM) juga sudah punya ancang-ancang untuk mengapalkan model ini ke Jepang dan negara lain.

”Kami akan memproduksinya untuk pasar domestik terlebih dahulu. Tapi pada saatnya nanti, kami akan kirimkan juga ke Jepang dan negara-negara berkembang lainnya,” ucap Toshiyuki Inuma, Presiden Direktur AHM, dalam peluncuran All New CBR250RR.

Inuma juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya belum bisa memutuskan, apakah aktivitas ekspor nanti dalam bentuk Completely Built Up (CBU) atau Completely Knocked Down (CKD). Keputusan akan diambil saat kebutuhan untuk domestik sudah terpenuhi.

Dijelaskan juga bahwa untuk saat ini, AHM akan memproduksi All New CBR250RR dengan kapasitas 20.000 hingga 25.000 unit setahun. Proyeksi konten lokal sudah mencapai 60 persen dan akan ditingkatkan hingga semaksimal mungkin.

Lalu, kapan produksi mulai digenjot? Production, Engineering & Procurement Director AHM David Budiono mengatakan bahwa sebenarnya pabrik di Karawang sudah siap, meski dirinya tak bisa memastikan soal waktu dimulai proses produksi.

”Saya tinggal menunggu marketing memberi sinyal untuk produksi. Mainnya (produksi) memang 80-100 unit per hari (penyederhanaan dari target 25.000 unit setahun), prioritas (pasar) domestik dulu. Lokal konten akan kami tambah terus nanti,” kata David.

Karena status All New CBR250RR adalah model global, sudah pasti AHM akan bersiap melakukan ekspor dengan jumlah yang lebih banyak, seperti yang dilakukan Yamaha dengan R25 dan R3 untuk pasar di sejumlah benua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com