Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaya Radikal CBR250RR Bikin Hati ”Bergetar”

Kompas.com - 26/07/2016, 13:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Honda benar-benar percaya diri dengan All New CBR250RR. Semua itu adalah hasil dari pengembangan serius untuk tidak mengecewakan para penggemar. Sentuhan awal untuk menarik perhatian adalah dari sisi desain.

Tema utama desain adalah ”Speed Shape”, disebut menghadirkan tampilan menarik dan fungsional sehingga memberikan kesenangan pengalaman berkendara, bahkan sebelum motor ini dikendarai. Semua bagian tampak agresif, terutama pada lampu depan-belakang.

Koji Miwa, Advanced Design Office, General Manager Honda Motorcycle R&D Center, Jepang, dalam peluncuran All New CBR250RR di Jakarta, Senin (25/7/2016), mengatakan bahwa tema tersebut memberikan ekspresi untuk mempercantik sisi fungsional.

”Walaupun belum mengendarainya, Anda bisa merasakan sensasi performa yang menggetarkan. Setiap saat Anda melihatnya terparkir di garasi, Anda dengan sangat jelas mengingat cornering sempurna yang telah Anda ciptakan,” begitu ucap Miwa menggambarkan sosok CBR250RR.

Konfigurasi part baru diadopsi, mewujudkan konsep orisinal Honda ”layered cowl”. Ini diberikan demi mengoptimalkan aliran udara saat berkendara yang membantu proses pendinginan mesin dan juga berkontribusi pada pengendalian yang optimal.

Untuk memaksimalkan kebebasan mengontrol keseimbangan bobot pengendara, jok pengendara di bagian depan diperkecil. Karakter proporsional dari motor  ini dicapai dari power unit layout yang compact dan truss frame terbaru yang terlihat semakin gagah.

Sasis
Desain frame terbaru dengan struktur pipa baja menjamin kekuatan dan kelenturan. Sasis ini turut mendukung out put yang dihasilkan dan menghadirkan stabilitas sempurna dan pengendalian optimal bagi pengendara.

Bagian lain dari estetika adalah lengan ayun tipe gull-arm terbuat dari alumunium melalui proses Gravity Dies Casting (GDC). Ini menghasilkan pengurangan bobot dan memaksimalkan layout knalpot untuk lebih dekat dengan pusat gravitasi, namun tetap mengoptimalkan sudut kemiringan saat bermanuver.

Lengan ayun dihubungkan dengan main frame menggunakan suspensi Pro-Link. Suspensi depan inverted fork berukuran 37mm dari Showa, dipilih untuk mengurangi bobot dan menghadirkan cengkraman sempurna.

Adopsi LED di semua sistem pencahayaan dan aplikasi pelek dengan 7-spoke yang didesain eksklusif, secara keseluruhan menghasilkan pemusatan bobot yang ideal, sehingga tercipta manuver sempurna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com