Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep "Light Comfort" yang DItawarkan Sienta

Kompas.com - 22/07/2016, 09:12 WIB
advertorial

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Mendatangkan Sienta ke Indonesia merupakan satu langkah serius dari Toyota Indonesia, demi terus menggairahkan pasar otomotif roda empat dalam negeri. Meski lahir prematur, namun Sienta diklaim sudah melalui pengujian yang sempurna.

Hiroki Sunouchi, Project Manager of Sienta, Toyota Compact Company, Toyota Motor Corporation mengatakan, sejak 2013 diberi jabatan sebagai penanggung jawab produk Sienta, dirinya sudah sepuluh kali ke Indonesia untuk mengevaluasi performa.

Pada setiap evaluasi, Hiroki setidaknya menempuh 1.000 km dan pada saat itu juga dirinya mencoba untuk memahami keunikan berkendara di Indonesia. Ini dilakukan sampai dirinya menyadari kalau konsep kendaraan “light comfort” Sienta akan sesuai di Indonesia.

“Kami sudah berkendara berkilo-kilo (kilometer), banyak pengujian kami lewati, melakukan survei masyarakat juga sudah dilakukan. Kami percaya kalau yang paling penting dari kendaran di Indonesia adalalah light comfort (kenyamanan sederhana),” ujar Sunouchi, Kamis (21/7/2016).

Sunouchi melanjutkan, light comfort sendiri khususnya terkait dengan gerak body mobil (body movement/goyangan yang berpengaruh pada penumpang). Meski mobil tampak goyang tapi penumpang tidak terlalu merasakan guncangan, sehingga membuat mereka nyaman, Hiroki menyebutnya “flat feeling”.

Flat feeling merupakan hal terpenting karena medan jalan Indonesia yang beragam. Pasalnya di Indonesia pemilik kendaraan pada umumnya suka membawa banyak penumpang. Jadi sangat perlu, untuk membuat semua yang ada di kabin nyaman saat bepergian jauh, apalagi jika melalui jalan bumpy,” ucap Sunouchi.

“Selain guncangan, yang kita juga utamakan adalah kekedapan di dalam kabin. Ini jadi salah satu penyumbang konsep ‘light comfort’ Sienta. Oleh karena itu kami mendesain mobil yang mampu memiliki guncangan kecil dan kabin yang senyap, seperti yang ada di Sienta.” kata Sunouchi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com