Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Marquez Buat Jadi Juara Dunia 2016

Kompas.com - 12/07/2016, 08:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ajang balap MotoGP akan memasuki seri kesembilan, atau setengah jalan dari keseluruhan balap satu musim. Setelah melalui sirkuit Assen, Belanda, para penunggang kuda besi ini akan kembali adu cepat di Sachsenring, Jerman, Minggu (17/7/2016).

Melihat posisi klasemen saat ini, Marc Marquez menduduki puncak kalsemen dengan capaian 145 poin. Kemudian diikuti oleh Jorge Lorenzo dengan 121 poin. Sementara ketiga ada Valentino Rossi, yang baru mengumpulkan 103 poin.

Melihat selisih poin yang cukup jauh, tentu akan memberikan keuntungan besar bagi pemimpin klasemen. Jika Marquez bisa mendapatkan podium juara di Jerman, gelar juara dunia akan semakin dekat dengannya. Tentu jika Marquez bisa mempertahankan performa di seri-seri berikutnya.

Ambil contoh, Marquez akan mendapat tambahan 25 poin jika juara di Sachsenring nanti, yang berarti total poinnya 170. Lalu, Lorenzo (selisih poin terdekat) finish kedua, mendapat poin 20, atau total 141 poin. Selisih keduanya menjadi 29 poin, artinya meski Marquez absen satu seri tanpa poin, dirinya tetap ada di puncak klasemen.

"Kami pergi ke GP Jerman demi mendapatkan posisi podium, dan tentu saja untuk memperjuangkan kemenangan, menjadi juara. Sirkuit Sachsenring biasanya memiliki trek yang sangat baik bagi saya, dan saya sangat menyukainya,” ujar Marquez seperti dilansir Crash.net, Senin (11/7/2016).

"Namun, di sisi lain, salah satu yang mengkhawatirkan adalah kondisi cuaca. Hal itu memainkan peran penting di sepanjang musim ini. Jadi kita akan lihat bagaimana kelanjutannya di sana (Sachsenring),” tutur Marquez.

Berikut sepuluh besar urutan klasemen dan raihan poin (8 seri)

Posisi

Pebalap

Tim

Poin

1

Marc Marquez

Repsol Honda

145

2

Jorge Lorenzo

Movistar Yamaha

121

3

Valentino Rossi

Movistar Yamaha

103

4

Dani Pedrosa

Repsol Honda

86

5

Maverick Vinales

Team Suzuki Ecstar

79

6

Pol Espargaro

Monster Yamaha Tech 3

72

7

Hector Barbera

Avintia Racing

58

8

Andrea Iannone

Ducati Team

52

9

Aleix Espargaro

Team Suzuki Ecstar

49

10

Eugene Laverty

Aspar Team MotoGP

48

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com