Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KLX Tanpa STNK Cuma untuk "Off-road"

Kompas.com - 05/06/2016, 15:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Setiap bulan Kawasaki KLX 150 laku 3.500 unit, jumlahnya cukup banyak tapi jarang terlihat di jalanan. Menurut  Michael Candra Tanadhi, Deputy Head Sales Dept. Marketing and Sales Division PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI), sebagian besar unit beredar di kawasan off-road.

KLX 150 yang kita kenal adalah model trail dengan kemampuan bekerja di dua habitat, aspal atau tanah semua bisa. Buat memenuhi kemauan konsumen yang tidak mau main di aspal, KMI meluncurkan varian baru bernama KLX (tanpa 150) di Tangerang, Minggu (5/6/2015).

Febri Ardani/KompasOtomotif Kawasaki KLX dengan suspensi velg dan swing arm bahan alumunium.
KLX merupakan versi khusus lintasan off-road dari KLX 150. Dibanding model pendahulunya, KLX tidak punya syarat sebagai sepeda motor jalanan sebab tidak memiliki lampu depan, lampu sein, spion, dan plat nomor. Motor ini ditawarkan tanpa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dengan harga Rp 35,9 juta.

Febri Ardani/KompasOtomotif Meski basis mesinnya sama, 144cc, Kawasaki KLX memiliki karburator Keihin 20, berbeda dengan KLX 150 Series.
KLX menggunakan mesin yang sama seperti saudaranya, 144 cc berpendingin udara tapi beda karburator. Dibanding KLX 150 BF (11,5 tk) tenaga KLX lebih kecil sedikit yaitu 11,1 tk, torsinya juga cuma naik tipis dari 11,3 Nm menjadi 12 Nm.

Dari spesifikasi mesin memang tidak banyak berubah, tapi bedanya KLX lebih enteng, total beratnya 99 kg berkat penggunaan material lebih ringan. Velg dan swing arm berbahan alumunium, selain itu knalpot dan tangki bahan bakar juga menggunakan bahan enteng.

KLX dirancang untuk menaklukan tantangan lintasan off-road, sebab itu jarak terendah bodi ke permukaan tanah ditinggikan menjadi 315 mm. Menariknya, tinggi jok 860 mm, itu artinya lebih mudah menapakan kaki ke tanah.

"Banyak orang yang menggemari adventure beli KLX 150 BF tapi (suku cadangnya) dicopot-copotin tuh biar enteng. Banyak juga yang diganti, gear dan apanyalah. Dibanding mereka mesti mengeluarkan dana yang lebih besar untuk itu, kami keluarkan model ini," kata Michael.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com