Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asuransi Sering Diabaikan Pemilik Kendaraan

Kompas.com - 04/06/2016, 13:05 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Datangnya bencana tidak bisa diprediksi datangnya, bisa saja sewaktu-waktu menimpa kendaraan kita. Salah satu contohnya seperti kejadian tanggul Pantai Mutiara, Jakarta Utara yang jebol, dan merendam banyak mobil warga.

Laurentius Iwan Pranoto, Manajer Komunikasi dan Pemasaran Garda Oto, asuransi jadi satu hal yang sering dilupakan. Padahal mobil adalah salah satu aset yang perlu dijaga.

“Saat kita memiliki mobil, kita harus mempersiapkan dana untuk menjaga mobil tersebut, seperti biaya servis, operasional (bahan bakar, parkir, tol), administrasi (STNK dan SIM). Namun ada yang sering diabaikan yaitu asuransi,” ujar Iwan kepada KompasOtomotif, Sabtu (4/6/2016).

Iwan melanjutkan, mengakui atau tidak, pastinya saat berkendara di jalan atau saat kendaraan diparkirkan, ada faktor risiko yang tidak tahu kapan datangnya, seperti salah satunya tanggul jebol yang baru terjadi. Lalu juga ada beberapa keadaan darurat lainnya, seperti mobil mogok, diserempet atau menyerempet, terkena batu, tertimpa pohon tumbang, atau bahkan dicuri.

“Terkait situasi tersebut, asuransi akan mengambil alih risiko tersebut. Memiliki asuransi, tidak berbicara tentang untung atau rugi, uang berkembang atau tidak. Namun yang pasti, pada pengelolaan keuangan, kita menempatkan kepastian dana untuk mengantisipasi ketidakpastian tersebut,” ujar Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com