Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jodie O’tania, “Kartini Modern” dari BMW Indonesia

Kompas.com - 23/04/2016, 10:01 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Di dunia, bahkan hingga ke Indonesia, bekerja di industri otomotif identik dengan kaum pria. Sebab, pekerjaannya memang cukup berat, sehingga menjadikan wanita selalu dipandang sebelah mata.

Anggapan seperti itu lambat laun mulai bergeser, buktinya sosok “kartini” masuk, bahkan duduk mengisi jabatan penting.

Salah satunya Jodie O’tania yang kini menjadi Head of Corporate Communication BMW Group Indonesia. Setelah cukup lama berkecimpung di perusahaan manufaktur peralatan tekelomunikasi di Indonesia, akhirnya ia hijrah ke dunia otomotif.

“Tidak sedikit orang yang bertanya kepada saya bagaimana saya bisa banting setir ke industri otomotif yang notabene ramai didimonasi pria. BMW merupakan merek yang memang sudah menjadi impian saya,” kata Jodie kepada KompasOtomotif, Jumat (22/4/2016).

Kartini modern dari BMW Indonesia ini, melanjutkan, jika sudah pernah berkendara bersamanya pasti akan mengerti kenapa bisa mencintai dunia otomotif. Ia begitu mengagumi teknologi dan inovasi setiap kendaraan, terutama BMW.

“Apalagi ketika saya pertama mengendarai BMW X5, sejak itu, there is no turning point. Kenikmatan berkendara, kenyamanan terbaik dan desain membuat saya semakin jatuh cinta dengan dunia otomotif,” ucap wanita berkulit putih ini.

Meski didomonasi kaum Adam, menurut Jodie bekerja di industri otomotif memiliki tantangan berbeda, tetapi masih bisa diatasinya dengan mudah. Bahkan, setelah ia bekerja di BMW sejak pertengahan 2013, berhasil mematahkan persepsi bahwa perempuan sulit sukses di lingkungan pria, terutama dalam posisi sebagai pimpinan.

“Saya mengagumi nilai-nilai dan budaya di industri otomotif terutama di BMW Group. Perusahaan ini sepenuhnya dikelola dengan mengandalkan kepercayaan, akuntabilitas dan keadilan,” ucap Jodie.

Berbekal pengalaman kurang lebih tiga tahun, ia sudah bisa menekankan bahwa wanita tidak perlu takut untuk berkarya di tengah stereotype di masyarakat.

“Tidak ada satu orang pun yang terlahir sebagai pemimpin, apapun jenis kelaminnya. Pimpinan yang baik belajar satu persatu melalui setiap keputusan yang dibuatnya,” ujar Jodie.

Semakin Mendalami

Bekal memiliki kecintaan terhadap otomotif, terutama pada kendaraan berteknologi tinggi. Karirnya di BMW Indonesia berjalan lancar. Sampai sekarang, ia menjadi lebih tahu tentang teknologi dan inovasi modern di industri otomotif. Sebab, BMW itu sendiri merupakan merek yang dikenal dengan produk berkualitas tinggi.

“Bekerja di industri otomotif, terutama di BMW sangat menyenangkan. Tantangan selalu ada, tetapi mampu saya lewati sampai sekarang ini,” ucap Jodie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com