Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi SPG demi Beli Mobil dan Liburan ke Luar Negeri

Kompas.com - 13/04/2016, 13:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Masih ada segelintir orang yang menganggap negatif pada sales promotion girls (SPG). Memang, jika dilihat dari cara berpakaian saat di lantai pameran cukup seksi hingga memamerkan aurat, tetapi bukan berarti harus dicap jelek.

Berperan sebagai usher, sebutan kerennya SPG, sebenarnya gampang-gampang susah. Sebab, tidak hanya berdiri di samping produk, tetapi harus menjelaskan spesifikasi dan keunggulannya kepada calon pembeli.

Maka dari itu, gaji yang didapatnya juga tergolong tinggi. Hanya bekerja selama enam hingga 10 jam sudah bisa mengantongi uang minimal Rp 800.000 hingga Rp 1 juta. Seperti di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, para SPG bekerja selama 11 hari, jadi sudah pasti penghasilannya mulai Rp 8,8 juta hingga Rp 11 juta.

“Meski aku freelance, tapi setiap ikut acara seperti ini uangnya lumayan banyak. Selain digunakan beli keperluan sehari-hari, aku juga bisa cicil mobil sendiri,” ungkap Malla Shary (24), SPG Scrambler Ducati, kepada KompasOtomotif, di IIMS 2016.

Aditya Maulana, KompasOtomotif Irma Octaviyanti

Berbeda dengan Malla, Irma (21), SPG Nissan, mengaku dari hasil kerjanya ini bisa berlibur ke luar negeri, bahkan pernah juga mengajak keluarga.

“Kalau aku, karena kerja udah capek, jadi uangnya buat liburan saja ke luar negeri. Puas juga bisa pergi berlibur dari hasil kerja sendiri,” kata wanita keturunan Padang – Jawa ini.

Sementara Sari Rahayu (22), karena baru pertama menjadi “Pretty Toyota”, ke depannya dari hasil kerja kerasnya itu akan digunakan untuk membeli mobil idamannya.

“Kalau karena baru jadi belum bisa beli apa-apa, tapi target ke depan bisa membeli mobil dari uang sendiri,” kata dara cantik lulusan Trisakti ini.

Mau lihat SPG cantik di IIMS 2016? Silakan klik tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com