Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Garansindo-ITS Siap Gempur Pasar

Kompas.com - 25/02/2016, 08:24 WIB

Jakarta, KompasOtomotif -
Proyek sepeda motor listrik hasil inisiasi PT Garansindo Inter Global bersama Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) semakin mendekati kenyataan. Pihak ITS yang dipasrahkan mengembangkan teknologi sepeda motor listrik, mengaku sudah menyiapkan prototipe komplet, bergenre skutik listrik.

"Kami sudah siap, prototipe sudah jadi, April nanti akan diperlihatkan kepada masyarakat umum," kata Muhammad Nur Yuniarto, Kepala Peneliti Kendaraan Listrik ITS di Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2016).

Ajang pameran otomotif nasional, Indonesia International Motor Show (IIMS) kembali akan menjadi "panggung" sepeda motor listrik nasional ini di mata publik. Ketika pertama kali dipamerkan di ajang sama (IIMS, September 2015) lalu, sepeda motor ini masih dasar, hanya tanpa bodi.

Saat ini, aku Nur, komponen-komponen utama, seperti motor elektrik, baterai, sistem pengatur, masing-masing sudah dites sendiri-sendiri. "Nanti, setelah kami satukan dalam wujud prototipe sepeda motor dalam rangkaian utuh, akan kita tes jalan seperti apa performance-nya. Ideal pengujian minimal menempuh 3.000 km," ucap Nur.

Muhammad Al Abdullah, Presiden Direktur Garansindo mengatakan, proyek sepeda motor listrik masih berjalan sesuai jadwal yang ditentukan. Menyangkut rencana bisnis yang sudah disiapkan, Memet-begitu ia akrab disapa- belum mau mengelaborasi secara penuh.

"Semuanya masih sama seperti dulu, kita lihat 2017, Indonesia bakal punya sepeda motor listrik nasional. Meski berstatus buatan lokal, tetapi teknologinya tetap akan dikolaborasikan dengan pihak asing," ucap Memet.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com