Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wanita Cerdas Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Kompas.com - 18/03/2016, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif –
Laki-laki dan wanita, disadari atau tidak, punya kebutuhan yang berbeda dalam mengoperasikan mobil pada kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, tiap kendaraan yang dibeli, masing-masing gender biasanya punya pertimbangannya sendiri.

Kali ini, KompasOtomotif mau lebih khusus membahas mengenai fitur-fitur mobil yang sekiranya dibutuhkan kaum hawa. Ada ungkapan mengatakan, "Wanita cerdas tahu cara memilih mobil yang ideal."

Lewat beragam fitur tambahan, tentunya akan mempermudah wanita untuk mengoperasikan kendaran dan memenuhi kebutuhannya. Iwan Abdurahman, General Repair Service Manager Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan beberapa fitur yang akan berguna bagi para perempuan. Informasi fitur-fitur in, juga bisa jadi pertimbangan wanita ketika akan membeli kendaraan.

1. Fitur kamera mundur dan sensor parkir. “Perempuan punya sedikit keengganan untuk menengok kanan dan kiri, jadi fitur ini bisa memfasilitasi mereka, ketika akan parkir. Sehingga mengurangi risiko bodi mobil penyok atau baret,” ujar Iwan kepada KompasOtomotif, Kamis (17/3/2016).

2. Mekanisme jok lipat yang sederhana. “Perempuan pada umumnya punya tenaga yang tidak sebesar laki-laki, maka dari itu, butuh sesuatu yang mudah dioperaskan, tanpa butuh usaha lebih. Jadi kalau harus melipat kursi yang berat dan keras, mereka akan kerepotan,” kata Iwan.

3. Steering switch (tombol yang berada di muka setir). Fitur ini bisa memudahkan para wanita tetap mengontrol sistem audio sambil tetap fokus pada jalan.

4. Pintu dengan sistem sliding door. “Terutama untuk perempuan yang sudah memiliki anak, fitur ini bisa membuat aktifitasnya lebih praktis, seperti saat menjemput anak sekolah. Fasilitas ini juga membuat si ibu tidak perlu turun, untuk membuka dan menutup pintu, hanya dengan easy access yang disediakan di dekat bangku pengemudi.

5. Pintu samping dilengkapi child lock, bagi yang sudah memiliki anak kecil. Sehingga tidak bisa membuka pintu dari luar.

6. Pintu belakang otomatis (power back door). “Perempuan-perempuan tidak perlu repot merenggangkan tangan ke atas dan repot untuk menutup pintu belakang yang notabene lebih berat dibanding pintu samping,” ucap Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com