Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Pemodifikasi Adu Kreatif "Racik" Motor Honda

Kompas.com - 07/03/2016, 18:13 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Honda Modif Contest (HMC) kembali digelar tahun ini . “Road show” kontes modifikasi khusus sepeda motor Honda rekaan Astra Honda Motor (AHM) dan para diler ini telah dibuka dari Bandung pada akhir pekan lalu, setelah itu HMC bakal digelar di 14 kota lainnya.

HMC hanya ada di delapan kota pada 2015, keikutsertaannya mencapai ratusan pemodifikasi. Tahun ini jumlah kota penyelenggara naik hampir dua kali lipat, AHM menargetkan 1.900 pemodifikasi bakal terlibat.

“Kami sadar bahwa jumlah modifikator muda yang memiliki kreativitas tinggi sangat banyak tersebar di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kami memperluas area kontes modifikasi Honda menjadi 15 kota pada HMC tahun ini. Tentunya motor modifikasi di HMC tidak hanya harus baik secara estetika dan teknik modifikasi, tapi juga harus aman dan layak dikendarai di jalan raya,” ujar General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra, dalam keterangan resminya, Minggu (6/3/2016).

AHM Honda Modif Contest (HMC) 2016 digelar ke 15 kota di seluruh Indonesia.

Setiap motor yang dipertandingkan wajib menjalani uji coba kelayakan jalan sejauh 300 m. Bukan cuma sekadar jajal, tes jalan tersebut juga masuk dalam kriteria penilaian sejajar dengan ide/konsep, fungsi, estetika, dan finishing.

Pemodifikasi wajib hanya memilih salah satu dari 14 kelas HMC 2016, yakni 11 kelas untuk motor tahun produksi di atas 2006 (Matic Stock/Bolt On, Scoopy Stock/Bolt On, Matic Advance, Sport Fairing, Sport Naked, Matic Racing Style, Cub and Sport Racing Style, Airbrush Graphic, Airbrush Realist/Cartoon, Stikers and Decals, serta Free For all), dan 3 kelas untuk motor tahun produksi di bawah 2006 (Choppy Cub, Cafe Racer & Bratstyle dan Free For All).

Ada tiga kelas baru buat penghargaan motor modifikasi terbaik Special Achievement, yaitu Best Innovation, Best Rookie, dan Best Pick.

Dari 14 kota AHM bakal menyisihkan satu pemenang per kelas untuk masuk ke final battle HMC 2016. Setelah itu tiga pemenang bakal dipilih lantas diganjar gelar juara nasional Cub, Sport, dan Free for All.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com