Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

“All New” Mazda MX-5 Sudah Ditagih Konsumen Indonesia

Kompas.com - 11/02/2016, 15:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Produksi pertama All New Mazda MX-5 dimulai di pabrik Ujina di Hiroshima, Jepang, Kamis (5/3/2015). Selang tiga bulan, tepatnya di Juni 2015, Mazda Motor Corporation (MMC) mulai mengekspor roadster ikoniknya ke beberapa negara di dunia.

Lantas, apakah generasi keempat roadster yang juga disebut Miata ini akan ikut diluncurkan di pasar otomotif nasional?

“Permintaan dari masyarakat ada. Tetapi, belum tahu kapan akan kita luncurkan di Indonesia,” kata Astrid Ariani Wijana, Senior Marketing Manager PT Mazda Motor Indonesia (MMI) saat berbincang dengan KompasOtomotif, di sela-sela acara media gathering di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Meski sudah ditagih masyarakat, kata Astrid, pihaknya belum tahu kapan mulai dijual. Saat ini MMI masih terus melakukan komunikasi dengan prinsipal di Jepang (MMC).

“Kita harus melihat dan mempelajarinya. Intinya kita ingin memberikan kendaraan yang terbaik bagi konsumen di Indonesia,” ujar Astrid.

Tahun lalu, MMI sempat mendaftarkan All New MX-5 di Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor yang dikelola Direktorat Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi. Saat itu, status pendaftarannya “Selesai”. Tipe yang didaftarkan MX-5 2.0-L A/T, tetapi sampai saat ini belum juga diluncurkan.

Bila meluncur di pasar otomotif nasional, All New MX-5 ini akan menggendong mesin 4-silinder 2.0 Skyactiv bertenaga 155 tk dan torsi 200 Nm, rancang bodi memakai bahasa desain Kodo dan dibuat lebih enteng 75 kg dibanding generasi sebelumnya.

Di Indonesia, MX-5 pertama kali diluncurkan MMI pada September 2011. Penjualannya tahun lalu berdasarkan data wholesales (dari pabrik ke diler) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memang tidak banyak, yakni hanya terjual 6 unit.

Tetapi, MX-5 punya gelar mobil sport 2-penumpang terlaris di dunia dari "Guinness World Record", tahun lalu jumlahnya telah mencapai 950.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com