Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MINI Clubman S Pakai Transmisi 8 Pecepatan

Kompas.com - 07/02/2016, 08:45 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
- Selain fitur unik, MINI Clubman yang hadir dalam dua versi, juga memiliki teknologi baru. Khususnya untuk versi tertinggi yang mengusung mesin 2.0L, 4 silinder, MINI Clubman S.

Untuk pertama kalinya MINI Clubman mengusung sistem transmisi 8 percepatan otomatis yang hanya ada pada varian Clubman S. Transmisi ini diklaim memiliki teknologi canggih yang memungkinkan sistem kerjanya menyesuaikan kebutuhan mesin.

Stanly/KompasOtomotif Spesifikasi New MINI Clubman S

"Dalam sejarah ini pertama kali MINI pakai transmisi 8 percepatan otomatis, karena umumnya 6 percepatan saja. Untuk transmisi ini cuma ada varian Clubman Sport 2.000 cc yang juga dilengkapi dengan paddle shift di belakang kemudi," papar Training Manager PT BMW Indonesia, Arief Makaminan, kepada KompasOtomotif di Singapura, Jumat (5/2/2016).

New MINI Clubman S memiliki kapasitas mesin 1.998 cc berteknologi MINI Twin Power Turbo yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 192 tk pada 5.000 rpm dan toris 280 Nm. Dari data spesifikasi, mesin ini mampu membuat bodi bongsor New Clubman melesat dari titik nol sampai 100 kpj dalam waktu 7,1 detik, dan total top speed mencapai 228 kpj.

Desain

Stanly/KompasOtomotif Spesifikasi New MINI Clubman S

Secara bentuk memang tidak berbeda jauh dengan saudaranya yang mengusung mesin 1.5L, 3 silinder. Tampilan ikonik MINI tetap dipertahankan dengan dua buah lampu besar di bagian depan, sedangkan untuk menambah kemewahan dan kesan modern lampu belakang dirancang lebih stylish dengan tema yang tegas.

Khusus untuk versi Clubman S dibedakan dengan adanya emblem S pada bagian sisi kanan-kiri dan di gril depan.

Stanly/KompasOtomotif Spesifikasi New MINI Clubman S

Selain itu, tampilan sporty juga lebih dipertegas dengan penggunaan pelek 17 inci bertapak lebar, sedangkan kesan agresif di dapat dari bumper bagian depan lebih aerodinamis dengan diffuser dan dua buah pipa sebagai lubang buang di sektor belakang.

Interior

Sisi kemewahan sebuah mobil premium kompak ditunjukan dari dalam interiornya. Mulai dari balutan kulit dari baris pertama hingga ke dua, serta gagang kemudi.

Stanly/KompasOtomotif Spesifikasi New MINI Clubman S

Sama dengan model lainnya, instrumen khas MINI masih mendominasi di bagian tengah. Sisi ergonomis dalam memberikan kemudahan bagi pengendara ditonjolkan dengan banyaknya tombol di ruang kokpit utama. Begitu juga pada lingkar kemudi yang sudah terintegrasi dengan tombol fungsi yang bisa diaktifkan dalam satu genggaman.

Khusus untuk Clubman S, layar MID lebih besar yakni 8,8 inci yang bisa menampilkan beragam informasi seputar kendaraan sekaligus perangkat navigasi dan hiburan.

Dengan tema shooting brake yang menjadi trobosan terbaru sepanjang sejarah MINI, Clubman hadir dengan dimensi yang lebih panjang dan lebar. Bila dibandingkan dengan MINI 5 pintu biasa, New Clubman lebih panjang 271 mm dan lebih lebar 73mm. Ini diklaim menghasilkan ruang yang lebih lapang baik untuk penumpang dan bagasi yang memiliki volume sebesar 360 liter.

Stanly/KompasOtomotif Spesifikasi New MINI Clubman S

"New MINI Clubman menjadi MINI terbesar sepanjang perjalanan MINI di dunia," ucap Corporate Affairs Director BMW Group Asia, Sethipong Anutarasoti, dalam waktu dan tempat yang sama
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com