Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banderol Mini Clubman Tembus Rp 1,6 Miliar di Singapura

Kompas.com - 06/02/2016, 12:45 WIB
Stanly Ravel

Penulis


Singapura, KompasOtomotif - BMW Group Asia resmi meluncurkan The New MINI Clubman di Singapura, Jumat (5/2/2016). Merek mobil asal Inggris yang kini memiliki dimensi lebih panjang dan lebar ini datang dalam dua tipe mesin, yakni 1.5L, 3 silinder dan 2.0L, 4 silinder.

Untuk harga di Singapura, versi 1.5 L 3 silinder dipasarkan sebesar 139.000 dollar Singapura atau setara dengan Rp 1,3 miliar. Sedangkan versi Clubman S dengan mesin 2.0L 4 silinder sebesar 166.300 dollar Singapura atau  Rp 1,6 miliar.

Corporate Affairs Director BMW Group Asia Sethipong Anutarasoti mengatakan, seluruh harga mobil yang dipasarkan di Singapura memang cukup besar, hal ini terkait pajak dan banyaknya biaya yang harus ditanggung oleh pemiliknya.

"Singapura punya regulasi yang ketat terhadap pembatasan kendaraan. Hal ini menyangkut luas negara dan keterbatasan jalur transportasi. Selain harus membayar senilai harga mobil, ada juga biaya lain seperti Additional registration Fee (ARF) dan Cerrtificate of Entitlement (COE)," ujarnya kepada KompasOtomotif saat jamuan makan malam di Singapura, Kamis (4/2/2016).

Stanly/KompasOtomotif Corporate Affairs Director BMW Group Asia, Sethipong Anutarasoti

Ketetapan biaya ARF dan COE merupakan regulasi yang harus diikuti oleh para calon pemilik mobil di Singapura. Untuk ARF harganya mengikuti dari nilai mobil, sedangkan COE atau dikenal juga dengan sertifika hak miliki lebih mahal, karena dibatasi hanya 30 ribu unit per tahun untuk pemakaian selama 10 tahun.

"Bila harga COE naik, otomatis harga mobil juga akan naik. Karena itu di Singapura harga mobil tidak stabil dan memang cukup mahal," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com