Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenakertrans "Sidak" Markas Besar Ford Indonesia

Kompas.com - 26/01/2016, 13:51 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Mendengar kabar bahwa PT Ford Motor Indonesia (FMI) angkat kaki dari pasar otomotif nasional, perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) langsung mengunjungi markas besar FMI di Wisma Pondok Indah II, Lantai 16 Suite 1601-1602, Jalan Sultan Iskandar Muda, Jakarta Selatan.

Tepat pukul 11.30 WIB, tiga orang perwakilan dari Kemenakertrans tiba di ruang tunggu kantor FMI. Maksud kedatangannya untuk mengkonfirmasi ada berapa ratus orang tenaga kerja FMI dan jaringan dilernya di seluruh Indonesia.

“Kita datang kesini untuk mengkonfirmasi dan melakukan konsolidasi dengan pihak FMI. Tetapi, belum mendapatkan laporan yang jelas karena pihak ketenagakerjaan FMI belum bisa kita temui dan hanya memberikan data yang sama seperti yang muncul di media-media,” ungkap Heru Widianto, Mediator Kemenakertrans saat ditemui KompasOtomotif di kantor FMI, Selasa (26/1/2016).

Lanjut Heru, pihaknya belum bisa memutuskan atau menginformasikan lebih jelas, karena data mentah yang didapat sekarang ini akan disampaikan langsung kepada Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi untuk diproses lebih jelas lagi.

“Dampaknya masih belum bisa kita jawab, karena laporan ini harus kita kasih ke Menteri dulu. Proses pengakhiran hubungan kerja ini tentunya harus diproses terlebih dulu dan dimediasi, tidak bisa sembarangan,” ujar Heru.

Reuters menyebut total pekerja Ford Motor Indonesia (FMI) mencapai 35 orang, belum termasuk karyawan di diler. Kenyataannya jelas, semua karyawan FMI akan terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com