Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Sewa Honda Clarity "Fuel Cell" Rp 6 Jutaan Sebulan

Kompas.com - 25/01/2016, 08:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Washington DC, KompasOtomotif – Honda mengumumkan rencana jangka panjang tentang Honda Clarity Fuel Cell dalam Washington DC Auto Show, (21/1/2016). Pasar California akan menjadi yang pertama bersentuhan dengan sedan berbahan bakar hidrogen ini sebelum 2016 berakhir.

Menariknya, mobil pesaing Toyota Mirai ini selain dijual dengan harga di kisaran 60.000 dollar AS atau setara Rp 828 jutaan, juga ditawarkan dalam paket sewa per bulan dengan biaya 500 dollar AS, atau setara Rp 6,9 juta.

Honda mengatakan, produksi awal akan sangat terbatas, lalu dikirimkan ke diler yang tersertifikasi menjual mobil hidrogen di Los Angeles, Orange County, San Fransisco Bay Area, dan Sacramento.

Perusahaan akan mulai memasarkannya dengan sewa, lalu berharap mulai bergerak ke penjualan ritel untuk menambah area konsumen, seiring dengan semakin berkembangnya penggunaan mobil berbahan bakar hidrogen serta stasiun pengisian ulangnya.

Clarity Fuel Cell pertama kali diperlihatkan di Tokyo Motor Show 2015 lalu, memperpanjang portofolio Honda di deretan mobil ramah lingkungan. Mobil ini menemani Accord Hybrid yang sudah disempurnakan dan juga akan segera dijual.

”Clarity Fuel Cell dan Accord Hybrid akan datang tahun ini, lalu disusuk mobil baru plub-in hybrid pada 2018. Ini menjadi langkah kritikan untuk mobil-mobil ramah lingkungan Honda di Amerika Serikat,” ujar John Mendel, Executive Vice President, Automobile Division, American Honda Motor Co., Inc.

Mendel juga menyatakan bahwa Clarity Fuel Cell adalah ”pengubah permainan” yang potensial karena menawarkan banyak kelebihan mulai tanpa adanya emisi, pengalaman berkendara yang berbeda, tapi tak meninggalkan performa, kegunaan, dan jarak tempuh yang jauh. Diklaim, mobil ini sanggup menelan jarak 300 mil atau setara 482 km dalam sekali isi penuh bahan bakar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com