Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ubah Jok Standar Innova Jadi "Captain Seat"

Kompas.com - 07/01/2016, 11:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotifCaptain seat merupakan tipe jok pengemudi yang diaplikasi pada bangku penumpang baris kedua atau ketiga, biasanya pada kendaraan multi guna. Pada Kijang Innova, fitur ini mulai ditawarkan pada edisi khusus Innova "reborn", produksi 2005, dibekali mesin bensin 2.7 L, sama seperti Fortuner, dan dijual terbatas, cuma 500 unit.

Kini, jok individu itu menjadi ciri khas varian tertinggi InnovaNah, bagi pemilik Innova varian menengah atau bawah, bisa ikut menikmati nyamannya duduk di captain seat. Tetapi, dibeli secara terpisah di toko atau bengkel khusus.


Tertarik? Salah satu toko yang menerima jasa pembuatan captain seat di Jakarta adalah Zoom Leather Seat di Taman Permata Indah 2 Blok N, No.67, Kampung Gusti, Jakarta Utara.

Menurut Harun Guijaya sang pemilik toko, memodifikasi jok standar menjadi captain seat bisa dilakukan pada semua tipe Innova. Bicara biaya, ada dua jenis mentode pembayaran, yakni beli langsung atau tukar-tambah dengan jok sebelumnya.

“Kalau tukar tambah dengan jok bawannya hanya Rp 3 juta, tetapi kalau beli langsung Rp 5 juta. Harga itu untuk dua jok atau sepasang,” ujar Harun kepada KompasOtomotif, Rabu (6/1/2016).

Tipe jok individu itu, lanjut Harun dibuat dari bahan semi kulit yang kualitasnya tidak kalah dengan kulit asli bawaan pabrik. Banderol tersebut juga sudah termasuk pemasangan dan dudukan serta rel.

“Jadi hanya tinggal dipasangkan saja. Kalau ada barangnya hanya 10 menit, tetapi kalau lagi kosong harus pesan dan baru jadi sekitar satu atau dua hari,” kata Harun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com