Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Tanggapan Komunitas Soal All-New Fortuner ?

Kompas.com - 05/01/2016, 16:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – All-New Fortuner telah dikabarkan meluncur pada 22 Januari 2016 di Indonesia. Kini semakin mendekati jadwal, perwakilan komunitas Toyota Fortuner Club of Indonesia (ID42NER), mulai angkat bicara soal perubahannya dibanding generasi lama.

Menurut Ketua Umum ID42NER Saladin Bonaparta, kadar perubahan major change pada Fortuner memperbaiki semua kekurangan model lama. Perbaikan pada semua sektor menghasilkan kenyamanan, performa, dan modernitas yang lebih baik.

All-New Fortuner pertama kali meluncur di Thailand, Juli 2014 lalu. Pria yang akrab dipanggil Sata itu berharap tidak ada perubahan signifikan pada spesifikasi yang ditawarkan di Indonesia.

“Mudah-mudahan yang baru keluar nanti peleknya pakai 18 inci. Tampilan dalam juga berubah, mesin bensin dan dieselnya juga, termasuk kursi elektrik dan buka-tutup bagasi belakang yang bisa pakai remote,” kata Sata, Senin (4/1/2016).

Dari bocoran brosur yang beredar di internet, All-New Fortuner di dalam negeri menggunakan mesin baru dengan hasil teknis lebih bertenaga. Pilihan bensin menggunakan 2TR-FE 2.7L Dual VVT-I bertenaga 163 tk dan diesel 2GD-FTV 2.4L VNT seperti All-New Innova yang menghasilkan 149 tk.

“Mesin baru akselerasi jauh lebih baik. Saya dengar juga ada mode berkendara ECO sama Power seperti Innova baru,” ucap Sata.

Toyota Toyota All-New Fortuner
ID42NER telah berdiri sejak 13 Mei 2007 dan mengayomi lebih dari 700 anggota. Salah satu kegiatan aktif komunitas penggemar SUV ini yakni touring lintas kota dan pulau. Kemampuan Fortuner terbaru diharapakan tetap “bandel” seperti model lama.

“Saya belum tahu kelemahannya seperti apa, kita belum ‘siksa" jadi kita belum tahu. Kalau menurut saya sekarang dimensinya jadi lebih besar, aerodinamis, dan futuristik. Kalau dulu kan akseslerasinya lambat sepertinya kalau pakai mode Power akan jauh banget membantu,” jelas Sata.

Ukuran bodi All-New Fortuner “membengkak”, lebih panjang 9 cm, lebih lebar 1,5 cm, namun lebih pendek 1,5 cm. Di Indonesia Fortuner baru terdiri dari tiga varian, G, SRZ, dan VRZ.

Total ada enam tipe yang ditawarkan, yakni 2.4 VRZ A/T Diesel 4x2, 2.7 SRZ A/T Bensin 4x2, 2.4 G M/T Diesel 4x2, 2.4 G A/T Diesel 4x2, 2.4 VRZ A/T Diesel 4x4, dan 2.4 G A/T Diesel 4x4.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com