Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antara Jembatan Kertas, Range Rover, dan Ultah Ke-45

Kompas.com - 20/11/2015, 18:25 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Suzhou, KompasOtomotif
 — Setiap merek mobil mempunyai cara unik untuk merayakan hari jadinya. Hal serupa dilakukan Land Rover dalam merayakan hari jadi ke-45 tahun Range Rover di Suzhou, China.

Pabrikan mobil asal Inggris ini mau menyajikan atraksi unik, yakni membangun jembatan khusus yang terbuat dari puluhan ribu lembar kertas dan melintasinya dengan Range Rover. Jembatan ini unik karena konstruksinya benar-benar kertas saja.

Tanpa baut dan lem, tumpukan kertas direkayasa sedemikian rupa sehingga bisa kokoh layaknya beton pada bangunan jembatan. Tingkat kemiringan tanjakan dan turunan juga diatur cukup ekstrem, sesuai dengan ketangguhan Range Rover dalam mengatasi rintangan berat semacam ini.

Bangunan jembatan kertas ini panjangnya lima meter, butuh tiga hari pembangunan untuk memproduksinya. Pasokan ribuan kertas diperoleh dari James Cropper PLC, produsen asal Inggris. 

worldcarfans.com Statistik desain jembatan kertas yang direkayasa khusus untuk perayaan Range Rover ke-45 tahun.

Pengemudi yang mengendarai Range Rover Vogue SCV6 ini adalah seorang Land Rover Experience Chief Instructor Chris Zhou. Ia sangat berhati-hati kelika melintas jembatan kertas itu, tetapi di tengah-tengah ia sempat berhenti beberapa detik, kemudian melanjutkan perjalanan sampai selesai.

“Struktur kertas itu mampu menampung manusia, tetapi tidak pada skala ini yang pernah dicoba. Ini mendorong batas-batas rekayasa, seperti Range Rover dan kemudahan dan ketenangan dengan kendaraan yang benar-benar menakjubkan,” kata desainer jembatan kertas Steve Messam.

Spesifikasi Ranger Rover Vogue SCV6 yang digunakan melintas jembatan kertas itu memiliki kapasitas mesin V6 3.0-liter supercharged dengan tenaga 340 tk dan torsi 450 Nm.

Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan dan memiliki penggerak semua roda. Untuk berakselerasi dari 0-100 kpj hanya butuh waktu 7,1 detik.

Penasaran dengan aksinya? Simak video di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com