Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kendalikan Gerak Mobil dengan “Remote Control” di Ponsel

Kompas.com - 17/06/2015, 07:33 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif – Jaguar Land Rover (JRL) memamerkan teknologi baru pengatur gerak mobil via ponsel untuk digunakan di model produksi masa depan. Saat dicoba di Range Rover Sport, demonstrasi menunjukan bodi mampu bergerak tanpa awak, belok ke berbagai sudut, dan berputar 180 derajat.

Kendali mobil bisa didapat setelah sistem kendara terintegrasi dengan aplikasi khusus pada ponsel menggunakan koneksi bluetooth. Sebab itu perimeter ponsel dengan mobil tidak boleh lebih dari 10 meter agar fungsi tetap optimal.

Sektor yang bisa dikendalikan adalah kemudi, pengereman, dan pedal gas, yang dibatasi hanya sampai 6 kpj. Teknologi ini didesain untuk kecepatan rendah dan melintasi medan off-road, tapi JRL mengklaim kerjanya juga bisa digunakan untuk parkir atau ketika menghadapi jalan rusak.

JRL menjelaskan teknologi ini tak perlu perangkat tambahan, sistem hanya menggunakan sensor-sensor yang sudah ada Range Rover Sport. Sensor akan menganalisa area sekitar kemudian menginformasikan kepada pemegang ponsel bila kondisi sudah aman. Setelah itu pilihan transmisi bisa digunakan lalu mobil siap bermanuver.

Teknologi “remote control” ini direkayasa oleh insinyur JRL di Inggris, aplikasinya di dunia nyata sudah diuji dan siap digunakan pada model produksi.

Simak cara kerjanya di video berikut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com