Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo Minta Maaf Otomotif Tidak Capai Target Tahun ini

Kompas.com - 19/11/2015, 18:18 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) kembali menyatakan prediksi pencapaian otomotif tahun ini. Prediksi baru yang diungkap lebih akurat, sebab pergantian tahun hanya menyisakan kurang dari dua bulan.

"Perkiraan dua hari yang lalu, (penjualan) domestik 1 juta unit, itu turun 18 persen (dibanding 2014) Produksi 1,1 juta unit, itu turun 15 persen," ungkap Sekertaris Umum Gaikindo Noegardjito di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Kamis (19/11/2015).

Noegardjito mengatakan, menurut road map, seharusnya penjualan di dalam negeri pada 2015 mencapai 1,224 juta unit, produksi 1,6 juta unit dan ekspor 368.000 unit. "Itu semua sasaran belum bisa dipenuhi, saya minta maaf," kata Noegardjito mewakili Gaikindo.

Salah satu hal penting yang harus diantisipasi yaitu terus melemahnya penjualan mobil domestik yang bisa memengaruhi banyak hal. Noegardjito meminta dukungan berupa kebijakan operasional baik untuk jangka pendek ataupun panjang sebagai solusi.

Indonesia harus kembali ke jalur yang benar bila ingin mencapai penjualan domestik 1,9 juta unit dan produksi lokal 2,6 juta unit pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com