Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Harus Punya Banyak Sirkuit

Kompas.com - 19/11/2015, 08:52 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Sadikin Aksa yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) mengajukan diri sebagai salah satu kandidat Ketua Umum IMI periode 2015-2019.

Jika terpilih nanti, banyak rencana akan dilakukan, termasuk menambah sirkuit di daerah-daerah.

Menurut Sadikin, pihaknya sudah mendata jumlah sirkuit yang ada di Indonesia, totalnya hanya 15 sirkuit. Dalam satu sampai dua tahun ke depan, sirkuit tersebut akan dioptimalkan, bahkan punya rencana untuk menambah sirkuit lagi untuk menampung sejumlah balapan yang ada di Indonesia.

Yamaha Indonesia Hendriasnsyah dan Yamaha R25 memenangi Kejurnas 250cc Seri Pertama 2015 di Sirkuit Sentul.

“Sekarang ini masih banyak balapan sepeda motor di jalan raya. Balapan seperti itu berbahaya, karena banyak menimbulkan kecelakaan dan tingkat keamananya juga tidak baik. Jadi nanti tidak ada lagi balapan motor di jalan raya,” ujar Sadikin di Black Cat, Arcadia, Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (18/11/2015).

Sadikin melanjutkan, selain berbahaya, balapan di jalan raya juga tidak akan mendidik para pebalap menjadi professional. Karena, kualitas pebalap itu sendiri akan meningkat jika balapannya diadakan di sirkuit.

“Jadi untuk tahan awal kita akan optimalkan dulu sirkuit yang ada sambil ada beberapa ide untuk membangun sirkuit baru kedepannya. Kita tidak harus membangun sirkuit yang besar, cukup membangun yang sudah ada ditingkatkan,” kata Sadikin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com