Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juke Ini Direkayasa dari 1.000 Lembar Kertas

Kompas.com - 06/11/2015, 12:21 WIB

Yokohama, KompasOtomotif - Bagi manusia, usia lima tahun merupakan awal tubuh mulai berkembang, proses di mana pikiran anak semakin menyerap informasi di sekeliling tubuhnya dengan masif. Tapi, bagi Nissan Juke, usia "balita" ini merupakan kesuksesan tersendiri karena sudah berhasil terjual lebih dari 700.000 unit di seluruh dunia.

Guna merayakan momen bersejarah ini, Nissan kemudian melakukan hal unik, yakni menciptakan mobil-mobilan kertas dengan skala ukuran 1:1 alias asli. Merek terbesar kedua di Jepang itu lantas menggandeng seniman Owen Gildersleeve, asal Inggris guna memenuhi keinginannya.

Dari keinginan ini sudah terbayang sulit, ribet, dan melelahkannya menciptakan model kertas dengan ukuran mobil nyata. Owen bersama tim butuh waktu hingga 200 jam, untuk melipat lebih dari 2.000 lembar guna merekayasa Juke dalam konstruksi kertas.

Kerajinan kertas ini seolah seperti pernyataan Nissan terkait kesuksesan Juke di pasar otomotif global. Sempat dicemooh saat awal kemunculannya, karena menyasar ke segmen yang belum ada, yakni SUV  kompak. Tapi, lihat sekarang, pertumbuhan penjualan mobil terjadi di segmen ini. Bahkan kini, semua merek berlomba-lomba menciptakan produk tandingan di segmen sama.

Mau tahu seperti apa proses pembuatan origami ini, simak video berikut ini!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com