Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tokyo Motor Show 2015

Kehadiran Pesaing Juke dan HR-V dari Toyota Semakin Dekat

Kompas.com - 28/10/2015, 07:41 WIB
Aris F Harvenda

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif
- Langkah Toyota untuk bermain di segmen kompak SUV makin mendekati kenyataan. Kendati bukan menjadi yang pertama, konsumen Jepang bisa melihat dari dekat C-HR Concept pada Tokyo Motor Show 2015 yang dihelat di Tokyo Big Sight, Jepang, 29 Oktober - 8 November.

Meski masih berstatus konsep namun C-HR terus menebar ancaman. Hadir pertama kali pada Paris Motor Show 2014 dengan varian 3 pintu. Lalu pada Frankfurt Motor Show 2015, September lalu, SUV kompak tersebut hadir dengan varian 5 pintu. Kabar terbaru versi produksi siap melantai pada Geneva Motor Show yang dihelat Maret 2016 mendatang.

Desain konsep ini sangat kental aroma sporty, yang amat disukai pada segmen kompak SUV. Toyota menyebut, C-HR dibangun dengan mengedepankan bahasa "keen look and under priority". Keen look merupakan desain dengan aura sporty serta dinamis yang bisa dilihat pada tampilan gril dan bemper. Gambaran nyata bisa dilihat pada tampilan Yaris, Vios dan Camry terbaru.

Sedangkan under priority lebih menjelaskan area bawah bemper dan spoiler yang lebih menguatkan kesan kokoh dan gagah. Keduanya dirasa penting sebagai salah satu daya tarik dari sisi desain kompak SUV.

Aris Harvenda/Otomania JIka diluncurkan akan bersaing dengan Juke, HR-V, EcoSport, dan sebagainya.

Garis body yang dengan lengkungan landai pada bagian atap menjadi khas platform terbaru Toyota New Global Architechture (TNGA). Dengan teknologi sasis baru tersebut diharapkan mampu menghasilkan pengendalian yang stabil dan fun to drive.

Secara dimensi SUV 5 penumpang tersebut memilik panjang 4.350 mm, lebar 1.850 mm dan tinggi 1.500 mm. Jika dibanding Juke dan HR-V, C-HR lebih panjang dan lebar, namun posturnya lebih rendah. Sebagai pembanding, dimensi Juke adalah, panjang 4.125 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.570 mm. Sedangkan, HR-V dengan panjang bodi 4.265 mm, lebar 1.770 mm, dan tinggi 1.605 mm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com