Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Jepang

Menerawang Masa Depan Honda di Dunia

Kompas.com - 29/10/2015, 16:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Tokyo, KompasOtomotif -
Honda sangat optimistis mampu melanjutkan sukses dalam jangka waktu yang lama. Salah satu kuncinya, menentukan arah pengembangan atau konsep mobil-mobil untuk masa depan, menyesuaikan dengan tren dan kebutuhan yang semakin berkembang.

Takahiro Hachigo, CEO Honda Motor Co Ltd. mengatakan bahwa terdapat dua arah pengembangan mobil-mobil Honda di masa depan. Keduanya akan berjalan beriringan sebagai benang merah.

"Pertama, mobil untuk melayani kehidupan manusia agar berkualitas lebih baik. Kedua, mobil untuk mencapai kedinamisan berkendara melalui mobil-mobil yang memberikan sensasi berbeda," ujar Hachigo di Honda Head Office di Aoyama, Tokyo, Jepang, Kamis (29/10/2015).

Arah yang pertama, Honda mulai melajutkan tren mobil-mobil ramah lingkungan melalui berbagai produk. Paling baru di tingkat paling atas, diluncurkan Clarity Fuel Cell dalam ajang Tokyo Motor Show 2015. Honda sudah melalui fase pengembangan mobil Hybrid, Plug-in Hybrid, EV, Hingga FVC.

Secara pararel, Honda juga mulai berkonsentrasi dengan mobil dengan mesin "donwsizing turbo". Mesin berkapasitas mesin kecil dibekali teknologi turbo demi meraih tenaga besar namun menekan konsumsi bahan bakar. Paling baru, terdapat mesin VTEC Turbo yang sudah diterapkan untuk beberapa model.

Sementara arah pengembangan kedua, membuat mobil-mobil di luar ekspektasi dan menjanjikan kenikmatan berkendara. Salah satunya yang baru diluncurkan adalah All-New NSX dan Civic Type R. Mobil-mobil seperti ini juga akan menjadi salah satu arah pengembangan Honda di masa akan datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com