Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Siap ”Tembak” Sport 125 Cc?

Kompas.com - 20/10/2015, 16:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Cukup menarik saat bocoran foto Kawasaki model spot berdimensi kecil dengan logo Z pada shroud (bahu) beredar di internet. Lokasi sudah dipastikan dari Thailand, namun tipenya baru disinyalir Z125. Jika benar, model ini akan menjadi varian paling kecil dari Z Series.

Seperti diunggah website Thailand Motorival beberapa hari lalu, foto Z Series kecil itu seperti berada di pabrik. Hanya ada dua warna yang tampak, yakni silver dan hijau lemon khas Kawasaki. Di bawah huruf ”Z” tidak tampak jelas, karena foto beresolusi rendah.

Kemunculannya diduga kuat akan menggantikan model KSR110, namun dengan versi sepeda motor jalanan. Secara dimensi, sepeda motor ini akan bersaing dengan Honda MSX 125 atau di beberapa negara disebut Honda Grom yang lahir sebagai penerus generasi ”Monkey”.

Menariknya, meski mesin tampak mencomot milik KSR, dan tampang agresif cukup kental di depan, namun di bagian belakang Kawasaki seakan mencomot aura ER-6n. Hal ini didapat dari penggunaan suspensi belakang.

Indonesia

Lebih menarik lagi, ternyata Kawasaki Motor Indonesia (KMI) juga sudah mengajukan uji tipe untuk sepeda motor berkode BR125H yang selesai pada Agustus 2015. Hal tersebut diketahui dari situs TPT Online milik Kementerian Perindustrian.

Jika diurai dari kode, huruf awal menunjukkan kode tipe mesin, atau ”B” yang berarti mesin silinder tunggal. Huruf kedua menunjukkan jenis sepeda motor. ”R” berarti sepeda motor sport standar naked (telanjang). 125 tentu menunjukkan kapasitas mesin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com