Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki New Ertiga Hibrida Meluncur November

Kompas.com - 15/10/2015, 07:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Indonesia boleh saja kebagian jatah lebih dulu meluncurkan New Ertiga di pameran otomotif nasional pada Agustus lalu, tapi India sepertinya bakal dapat keistimewaan. Media asal India sudah mulai memberitakan desain baru MPV 7-penumpang itu akan diluncurkan pada 15 Oktober 2015, tapi kejutannya belum selesai sebab dikatakan khusus untuk mesin diesel dibekali teknologi hibrida.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mesin hibrida SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) diperkenalkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2015.
Menurut Zigheels.com, Senin (12/10/2015), pilihan mesin diesel 1.3L dipadankan dengan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki), aplikasinya mirip sedan Ciaz yang sudah diluncurkan di India dengan teknologi diesel hibrida. SHVS sudah kita kenal sejak diperkenalkan bareng peluncuran New Ertiga di Indonesia.

Suzuki Mesin Ciaz 1.3L dengan SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).
New Ertiga diesel hibrida juga punya tombol start/stop, regenerasi energi lewat pengereman, dan bantuan pengaturan torsi. Seharusnya, konsumsi bahan bakar New Ertiga hibrida jauh lebih irit dibanding varian diesel konvensional.

Mesin bensin tetap sama, menggunakan K14 B 1.4L tapi tidak diterangkan tenaganya diturunkan seperti yang terjadi pada New Ertiga di Indonesia. Transmisi manual 5-percepatan jadi perlengkapan standar, khusus mesin bensin punya pilihan transmisi otomatis 4-percepatan sedangkan diesel diprediksi menggunakan CVT.

Beda seperti di Indonesia, New Ertiga di India ditawarkan dengan anti-lock braking system (ABS) dan Electronic brake distribution (EBD). Selain itu dari bocoran spesifikasi juga disebut terdapat fitur kantong udara di depan penumpang depan, tilt steering, audio Bluetooth, jok belakang dilipat 50:50, sensor parkir, spion lipat otomatis, keyless entry, jok pengemudi bisa diatur naik-turun, dan pengatur audio di kemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com