Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trio ”Microcar” Daihatsu yang Unik

Kompas.com - 12/10/2015, 11:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Divisi microcar (mobil mini) Daihatsu bersiap menunjukkan tiga konsep terbaru yang akan tampil perdana di Tokyo Motor Show (TMS) akhir Oktober 2015. Ketiganya didesain sebagai ”pembantu” manusia dengan fitur-fitur ”pintar” untuk memudahkan.

Dihatsu Nori Ori misalnya, diciptakan untuk memudahkan orang-orang yang menggunakan kursi roda. ”Nori Ori” adalah bahasa Jepang yang berarti ”masuk-keluar”. Kunci utama mobil ini adalah lantai yang sangat rendah. Lantai penghubung yang landai memastikan pengguna kursi roda aman keluar-masuk.

Pintu bisa membuka ke kanan-kiri dan sangat luas, seperti kendaraan umum subway atau busway. Di belakang, pintu lebar membuka ke atas hanya dengan menekan tombol. Kabin pun juga didesain cukup untuk dua penumpang berkursi roda tanpa melipat kursi utama.

Daihatsu Daihatsu Tempo diciptakan sebagai mobil penjaja makanan dengan berbagai fasilitasnya.
Tempo dan Hinata
Sementara konsep Tempo lebih diarahkan sebagai ”food truck” alias mobil penjaja makanan. Bagian samping bisa dibuka sebagai jendela sekaligus menjadi awning (atap). Area display dan counter sudah menjadi satu paket (built-in). Di sisi sebaliknya terdapat layar monitor lebar untuk promosi, dan pintu belakang juga bisa dibuka sebagai akses keluar-masuk.

Daihatsu Daihatsu Hinata menjadi mobil dengan kabin fleksibel, bahkan kursinya bisa menjulur keluar demi menikmati pemandangan.
Sedangkan Daihatsu Hinata dikembangkan untuk memaksimalkan ruang terbatas kabin. ”Hinata” adalah bahasa Jepang yang berarti ”tempat yang panas”, mengadopsi model yang trendi dan penuh warna cerah pada eksterior dan interior. Jok bisa diputar-putar dan saling berhadapan, bahkan bisa dijulurkan keluar dari kabin untuk menikmati pemandangan.

Apakah ketiganya sanggup mengakomodasi kebutuhan dan atau dibutuhkan? Tentu ini masih sebatas konsep. Pendapat pengunjung TMS dan hasil survei internal jelas akan menentukan, apakah tiga mobil mungil ini bisa masuk jalur produksi atau belum saatnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com