Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AXIC : "Think Before Cross the Flood"

Kompas.com - 30/09/2015, 08:21 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Komunitas AvanzaXenia Indonesia Club (AXIC) memprediksi, “musim” hujan bakal datang sebentar lagi dengan potensi banjir yang kadang disepelekan pengguna jalan. Atas dasar itu, komunitas yang punya anggota lebih dari 4.500 orang ini meluncurkan kampanye smart driving yang baru “Think Before Cross The Flood” di Jakarta Timur, Minggu (27/9/2015).

“Kampanye ini prinsipnya imbauan kepada para anggota AXIC di seluruh Indonesia dan publik, sangat bahaya jika mobil dipaksa melewati banjir. Bahayanya bisa mengancam pengemudi bersama penumpang sekaligus kendaraan itu sendiri,” ujar Darlan Nuryandi, dalam keterangan resminya, Selasa (29/9/2015).

Kompas.Com/ Ananda Eka Putra Jalan trans kalimantan poros tengah terendam banjir
Kala banjir AXIC mengatakan mobil terancam kerusakan seperti pada fungsi rem dan ban hingga mati mesin karena air masuk ke ruang bakar lewat saringan udara (water hammer). Perbaikan mobil setelah terendam banjir dianggap tidak bisa 100 persen pulih. Maka itu keputusan pengemudi untuk menerjangkan mobil ke area banjir perlu dicermati.

“Think Before Cross The Flood” merupakan buah kolaborasi AXIC dengan komunitas pelanggan dari diler Toyota, Tunas Friend, yang berada dalam payung besar bertema “LoveMax” atau “Cintai AvanzaXenia Sendiri”. Buat AXIC, kampanye baru jadi tambahan buat empat kampanye sebelumnya yang telah dilakukan, yakni “Antibahu Jalan Tol”, “No Hazard Just for Emergency Only”, “Seat Belt for All”, dan “No Text While Driving”.

“Dengan dukungan anggota AXIC yang mencapai 4.500 orang, ditambah ribuan member Tunas Friend, kampanye Keep Smart Driving ini akan menjadi kekuatan sosial yang besar dalam menciptakan keselamatan di jalan," imbuh Darlan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com