Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Detail Lengkap All-New Strada Triton

Kompas.com - 10/08/2015, 16:31 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang Selatan, KompasOtomotif – Sejarah model pikap Mitsubishi Triton di Indonesia dimulai sejak generasi ketiga mendebut pada 2002 dengan nama L200 Strada. Evolusi terus berlanjut, pada 2007 generasi keempat lahir dan mulai menyandang nama Strada Triton yang kemudian bertahan hingga generasi kelima yang baru saja diluncurkan, Senin (10/8/2015).

Pengembangan desain untuk generasi kelima meliputi empat konsep, yakni modern, fungsional, andal, dan nyaman. Kendati begitu, kemampuan dasar dengan sistem gerak 4X4 yang jadi ciri Mitsubishi tidak memudar. Fungsinya cocok ditunggangi di medan sulit seperti di lahan pertambangan, perkebunan, ataupun aktivitas hobi luar ruang, tapi masih layak jadi teman gaul.

Febri Ardani/KompasOtomotif All-New Mitsubishi Strada Triton.

All-New Strada Triton terdiri dari tiga tipe, yakni HDX, GLS, dan Exceed. HDX punya dua jenis bodi, yaitu kabin tunggal sebagai varian terbawah dan kabin ganda, GLS dan Exceed tersedia dengan bodi kabin ganda. Semua varian menggunakan transmisi manual, hanya Exceed yang puny pilihan transmisi otomatis.

Eksterior

Perubahan di eksterior bagian depan meliputi desain lampu depan, gril dengan krom (khusus Exceed dan GLS), lampu kabut, antena di atap (khusus tipe Exceed dan GLS), wiper tipe “blade”, dan spion integrasi sein plus melipat otomatis (Exceed). Desain pelek juga baru, tipe HDX menggunakan ban ukuran 245/75 sedangkan GLS da Exceed memakai 265/70.

Di belakang, All-New Strada Triton makin manis dan informatif sebab desain lampu baru didesain lebih besar. Kini sudah ada lampu rem tambahan di pintu bak dan terdapat pijakan kaki di samping, keduanya ada di tipe Exceed.

Febri Ardani/KompasOtomotif Interior All-New Mitsubishi Strada Triton tipe Exceed A/T.

Interior

Sebagian besar di kabin baru, interior dikemas elegan dengan warna piano black (Exceed dan GLS). Kemudi bisa naik-turun agar lebih menyesuaikan dengan kenyamanan pengemudi. Khusus buat tipe Exceed dan GLS terdapat pengaturan spion lipat, auto up power window, dan arm rest di jok baris kedua.

Febri Ardani/KompasOtomotif Tuas transmisi otomatis dan tombol putar buat pemilih sistem gerak pada All-New Mitsubishi Strada Triton tipe Exceed A/T.

Di tengah, terdapat tuas sistem gerak di samping tuas tranmisi manual. Pengoperasian sistem gerak memakai tombol putar, hanya terdapat pada satu-satunya varian otomatis, Exceed A/T.

Mesin

Semua tipe Strada Triton kini menggunakan mesin diesel 4D56 2.5L commonrail turbocharger, khusus buat tipe HDX kabin tunggal tidak memakai intercooler. Seting tenaga buat tipe HDX 110 PS dan torsi 20.4 kg.m, GLS 136 PS dan torsi 33.1 kg.m, sedangkan Exceed 178 PS dan torsi 40.8 kg.m.

Keamanan dan kenyamanan

Struktur bodi dikembangkan lebih kuat, sambungan antar bodi juga dipertebal agar lebih aman menghadapi benturan. Penunjang faktor keselamatan juga didukung dua kantong udara di depan. All-New Strada Triton mendapatkan 4 bintang dari ASEAN NCAP.

Pengembangan lain, kekedapan kabin naik 2db dibanding model sebelumnya, kargo lebih besar buat kabin tunggal dan kabin ganda, performa AC ditingkatkan, desain jok lebih nyaman, ruang kaki lebih besar, dan putaran kemudi dipangkas.

Harga

Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) selaku pemasar resmi Mitsubishi di Indonesia menjual All-New Strada Triton tipe HDX M/T kabin tunggal dengan harga Rp 289 juta, HDX M/T kabin ganda Rp 345 juta, GLS M/T kabin tunggal Rp 368,5 juta, Exceed M/T Rp 389 juta, dan Exceed A/T Rp 403 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com