Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Yamaha di Balik Kenyamanan Lexus IS

Kompas.com - 01/08/2015, 07:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Iwata, KompasOtomotif – Bukan hal baru jika perusahaan mobil besar seperti Toyota Grup yang memproduksi merek Lexus dan produsen sepeda motor yang juga besar dari Jepang, Yamaha, melakukan kerjasama. Keduanya bersinergi menghadirkan teknologi demi meningkatkan kenyamanan.

Paling baru, akhir Juli 2015 ini Yamaha mengumumkan kontribusinya memberi kenyamanan maksimal pada Lexus IS terbaru. Yamaha menyuplai komponen yang disebut Performance Damper, semacam komponen peredam untuk sasis demi kenyamanan mobil Lexus.

IS adalah model kelima Lexus yang menggunakan peredam khusus dari Yamaha. Sebelumnya, kerjasama serupa sudah sukses diterapkan untuk Lexus CT200h (versi L/C, F SPORT), RX450h/350 (F SPORT), HS250h, dan NX300h/200t (F SPORT).

Performance Damper adalah komponen peredam sasis yang dipasang pada area struktur bodi depan dan belakang pada mobil. Inilah alat yang didesain demi mengontrol dan menyerap distorsi serta vibrasi. Alat ini pertama kali digunakan pada April 2004, empat tahun setelah pengembangan awal.

Kemampuan

Dalam keadaan normal, saat penumpang melaju bersama mobilnya, distorsi yang sifatnya mikro, tak sampai 1 mm, terjadi pada tubuh. Bodi mobil yang terbuat dari logal punya karakteristik elastis dan tak memiliki kemampuan meredam tekanan.

Artinya, energi distorsi eksternal mengumpul dan dilepas dengan siklus yang hampir tak berubah. Kondisi ini terus terulang dalam frekuensi yang natural.

Performance Damper menambahkan elemen peredam pada sasis, sehingga menyerap energi distorsi dan melepasnya sebagai panas. Inilah yang mengikat kecepatan distorsi berlebih. Kondisi ini membuat kenyamanan berkendara pada kecepatan normal meningkat, juga menambah kestabilan saat melaju kencang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com