Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertalite Sesuai dengan Produk Toyota, Termasuk Agya

Kompas.com - 23/07/2015, 08:31 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - PT Toyota Astra Motor (TAM) menyambut baik kehadiran Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis baru, Pertalite. Rencananya, bensin dengan kadar oktan (RON) 90 ini akan mulai dijual, Jumat (24/7/2015).

Toyota menilai, dengan kadar oktan (RON) yang lebih besar dibandingkan Premium, Pertalite dinilai bisa menjadi pilihan yang lebih baik buat deretan produknya. Model-model Toyota membutuhkan RON yang lebih baik daripada Premium.

"Pertalite kadar oktannya RON 90, dan sesuai dengan mobil-mobil kita (Toyota). Bila melihat dari spesifikasi mesin, kebanyakan produk Toyota memang minta bahan bakar dengan di atas RON 90," ucap  General Manager Technical Service PT TAM, Dadi Hendriadi, kepada KompasOtomotif, Rabu (22/7/2015).

Dadi menjelaskan, Pertalite sendiri bisa membantu peningkatan konsumen untuk menjaga kualitas mesin kendaraannya. Pasalnya, bensin dengan kadar RON 88 tidak cocok dengan mesin Toyota, termasuk buat jenis mobil murah, Agya.

"Pemakaian RON 88 suka membuat mobil mengelitik (knocking), power dan pengapian akan mundur. Bila secara global, RON 88 memang sudah tidak sesuai lagi. Beberapa poduk Toyota saja sudah menggunakan RON 92 dan 95, bahkan Agya pun RON 92," ujar Dadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com