Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayunan Suspensi NMAX Keras, Ini Penjelasan Yamaha Indonesia

Kompas.com - 14/07/2015, 13:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Belakangan, ramai di beberapa forum diskusi otomotif yang membicarakan tentang suspensi Yamaha NMAX. Rata-rata mengeluh ayunannya cukup keras, bahkan sampai disarankan langsung mengganti dengan merek aftermarket agar lebih nyaman.

Sebagai reaksi, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun mengeluarkan aksesori resmi berupa suspensi NMAX dengan karakter lebih empuk, dan dibeli secara terpisah. Suspensi ini mulai dijual bersamaan dengan peluncuran NMAX non-ABS belum lama ini di Jakarta.

Pertanyaannya, mengapa YIMM mempertahankan suspensi keras NMAX? Asisten GM Pemasaran YIMM Mohammad Masykur mengatakan kepada KompasOtomotif bahwa NMAX adalah sepeda motor global. Tidak ada suspensi khusus untuk Indonesia, karena disesuaikan dengan masukan dari berbagai negara.

”Memang, kami akui, di luar negeri jalan mulus, relatif nyaman karena speed-nya tinggi. Jangan lupa bahwa Max series memang lahir di Eropa. Sementara di Indonesia jalan tidak begitu baik. Di sinilah simalakamanya,” kata Masykur.

Dijelaskan Masykur, sebenarnya secara produksi bisa saja dibedakan, toh yang bikin pabrik Yamaha di Pulogadung. Komponen suspensi untuk pasar Indonesia dan suspensi untuk pasar ekspor dipisah. Namun Yamaha Jepang tidak memberikan lampu hijau.

Untuk saat ini, sesuai berbagai bahasan di forum-forum, solusi terbaik adalah mengganti dengan suspensi aftermarket. Kendati demikian, pengguna diharapkan berhati-hati untuk memilih suspensi. Usahakan berukuran sama, dibedakan hanya dari kadar kenyamanannya saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com