Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Polo Baru dengan Mesin Lebih Kecil

Kompas.com - 02/07/2015, 03:17 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Volkswagen Polo dengan mesin 4-silinder 1.2L berteknologi Turbo Stratified Injection (TSI) akan meluncur di Indonesia pada Agustus mendatang. “Hatchback”  dengan mesin lebih kecil itu akan menggantikan pilihan lama, Polo 1.4 Multi-Point Injection (MPI), yang selama ini telah dijual Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai pemegang merek Volkswagen di Indonesia.

National Sales Manager GMM Jonas Cendana mengatakan Polo bermesin TSI telah dinanti konsumen. Di kelas mobil penumpang Volkswagen Indonesia, cuma Polo yang belum menggunakan teknologi yang gabungan supercharger dan turbocharger itu. “Itu primadona baru. Semua model kita nanti sudah TSI,” sebut Jonas saat acara buka puasa bersama GMM di Jakarta, Rabu (1/7/2015).

Kendati mesin lebih kecil bukan berarti performanya loyo, menurut data spesifikasi 1.2L TSI punya dua pilihan tenaga, 88 tk dan 108 tk. GMM memang belum mengungkap spesifikasi untuk Indonesia, tapi dua pilihan kemampuan itu sudah lebih besar dibanding 1.4 MPI yang sanggup mengeluarkan tenaga 85 tk.

Jonas tak mau mengungkap harga jual Polo 1.2L TSI, tapi dikatakan banderolnya menarik. Disebut juga harganya diusahakan di bawah Polo 1.4 MPI. “Di Indonesia ini baru pertama kali. TSI ini mesin yang mereka tunggu, debutnya pasti ‘meledak’,” kata Jonas.

Ada dua hal yang bisa dipastikan, yaitu Polo 1.2L TSI telah beradaptasi sesuai kondisi dalam negeri dengan EURO III dan status impor berasal dari Jerman.

Stok

Menurut data wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), pada 2014 ada 77 unit Polo 1.4L MPI yang terjual. Setelah itu GMM tak lagi melepas model lama itu sejak Januari – Mei 2015. “Bukan gak jualan, memang kita tunggu mau masukin TSI. Stok Polo habis,” ucap Jonas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com