Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macan Palsu Lahir di China

Kompas.com - 10/06/2015, 20:18 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Shanghai, KompasOtomotif — Serbuan mobil Eropa tiruan asal China sepertinya tak bisa dibendung. Belum kelar kasus Range Rover Evoque dan Aston Martin Cygnet yang dibuat dalam versi "KW", kini crossover Porsche dengan nama Indonesia, Macan, jadi obyek duplikat perusahaan otomotif Zotye International Automobile Tradin Co, Ltd (Zoyte Auto).

Dilansir situs asal China, Autohome.com, Selasa (9/6/2015), crossover medium baru Zoyte T700 tertangkap kamera tanpa kamuflase. Terlihat jelas, desain T700 mencontek desain Macan.

Kemiripan dinilai dari komposisi wajah T700 yang senada dengan Macan. Hal tersebut bisa diamati dari gril besar di bagian tengah, "kumis" di sisi kanan dan kiri, serta posisi lampu kabut. Meski begitu, memang terdapat perbedaan, seperti pada desain lampu depan dan lekuk kap mesin.

Porsche Porsche Macan Turbo

Gaya tiruannya juga makin kentara bila diamati dari samping hingga ke belakang, termasuk panel bodi dan pegangan pintu. Di buritan, semuanya juga terasa sama, terutama pada lampu belakang dan roof spoiler. Sementara itu, bentuk knalpot sepertinya terinspirasi versi teratas Macan Turbo.

Saat tiruan Evoque, Landwind X7, dipamerkan dalam Guangzhou Auto Show 2014, bagian interior dibuat beda. Bisa jadi, alasannya untuk menekan harga jual. Memang, foto interior T700 belum beredar, tetapi bukan hal aneh bila desainnya juga meniru interior Macan.  

Urusan soal kemiripan belum selesai di situ. Zoyte T700 juga menggendong mesin bensin 4-silinder, 2,0 liter turbocharged seperti varian terendah Macan. Namun, jelas ada jurang perbedaan teknologi. Tenaga mesin 2.0L T700 cuma sanggup menyemburkan 177 tk, sedangkan Macan 2.0L mampu "mengaum" hingga 237 tk.

Selain itu, T700 diperkirakan punya satu tipe pilihan mesin lagi, yaitu V6 3.0L. Namun informasi mengenai kemampuannya belum tersedia.

Di China, Macan dibanderol paling murah 558.000 yuan atau setara Rp 1,19 miliar. Sama seperti produk China lainnya, Zoyte T700 sudah pasti unggul soal harga jual, hanya dijual Rp 364 juta atau tiga kali lebih murah dari Macan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com