Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Taji ”Ayam Jago Kecil” dari Suzuki

Kompas.com - 17/05/2015, 11:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sebagai model baru yang juga beraliran model ”ayam jago”, Suzuki Satria F115 Young Star harus punya taji yang tak kalah tajam jika ingin dianggap sebagai petarung. Di segmennya memang tidak banyak pesaing, praktis hanya Kawasaki Athlete 125, namun bekal spesifikasi yang melambangkan performa tetap menjadi tumpuan.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membekali model ini dengan mesin 115cc terbaru, dengan penampilan luar yang dibalut warna emas. Jantung pacu ini diklaim bertenaga dengan teknologi Fuel Injection (FI) yang diatur oleh Electronic Control Module (ECM).

Dari siaran resmi yang dikirim ke KompasOtomotif, Sabtu, (16/5/2015), kelebihan mesin ini terdapat pada diameter intake valve yang besar, valve angle yang rapat, dan posisi spark plug (busi) yang lebih dekat dengan ruang pembakaran. Ini semua berguna untuk meningkatkan performa dan efisiensi mesin.

Akselerasi spontan didukung teknologi low friction berupa penggunaan roller rocker arm, valve spring, dan piston yang berbobot ringan. Teknologi FI dan low friction itu diklaim Suzuki sanggup membawa para penunggangnya melaju kurang lebih 63 km hanya dalam 1 liter bahan bakar.

SIS Mesin 115 cc terbaru dengan teknologi rendah gesekan, diklaim irit bahan bakar.

Fitur

Fitur sporty mirip dengan sang kakak, yakni mempunyai setang layaknya sepeda motor sirkuit demi pengendalian khas balap dan lebih akurat. Lalu, Suzuki membekalinya juga dengan garpu depan sporty high rigid yang dikombinasikan material alumunium pada bagian bracket demi menambahkan kestabilan.

Tampilan sporty pada panel instrumen kecepatan berkendara dirancang mudah dibaca dan informatif. Penampilan lebih bervariasi dibandingkan bebek standar, sehingga membuat F115 Young Star bisa dijadikan pilihan sepeda motor harian.

Apalagi, Suzuki mengklaim bahwa perpindahan gigi lebih mudah dengan teknologi short stroke gear shifting yang nyaman digunakan di dalam kota dengan kondisi macet. Bagasi di balik jok berkapasitas 8 liter dapat digunakan untuk membawa bermacam keperluan ketika berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com