Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerus Honda S2000 Bakal Lebih Dahsyat

Kompas.com - 30/04/2015, 14:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Canberra, KompasOtomotif – Laporan terbaru datang dari Australia, menyebut bahwa Honda mengembangkan suksesor S2000 roadster yang akan muncul pada 2019. Ya, inilah salah satu mobil flagship Honda yang cukup sukses untuk menggaet para pecinta kecepatan.

Seperti dikabarkan Leftlanenews, (29/4/2015), jika dulu model ini menggunakan tipe mesin yang dipasang di depan dengan penggerak roda belakang, generasi selanjutnya akan mengadopsi tipe mesin yang diletakkan di tengah-belakang (mid-engine).

Model utama akan ditenagai mesin empat silinder, tetap menggerakkan roda belakang. Namun untuk model yang lebih mahal, akan diinstal mesin hibrida, mirip konfigurasi yang dipasangkan pada Acura NSX 2016. Versi hybrid ini akan menggunakan penggerak semua roda.

S2000 terbaru itu akan bertenaga maksimal mencapai 300 tk. Sumber dari Honda mengatakan kepada Motoring, majalah dari Australia, S2000 akan menggunakan versi mesin 2.0L turbo yang digunakan Civic Type R, namun disetel ulang. Alternatifnya, perusahaan sedang mempertimbangkan mesin 1.500cc empat silinder dengan turbo.

Rumor terbaru, Honda akan meloncati para pesaing sebelumnya, yakni Mazda MX-5 Miata, atau model yang akan muncul dalam waktu dekat, Fiat 124 Spider. S2000 generasi baru juga akan melewati model-model eksis lain seperti Subaru BRZ atau Toyota 86.

Jika rumor itu benar, S2000 terbaru bisa menantang para pemain premium seperti Audi TT, BMW Z4, atau, Mercedes-Benz SLK.

Sumber mengatakan, pengganti S2000 masih belum mendapat lampu hijau. Pertimbangannya tentu soal pasar, bagaimana penerimaan kawasan kunci seperti China atau Amerika Serikat. Jika ada potensi, perusahaan akan menginvestasikan sebagian dana untuk rencana ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com