Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Reinkarnasi Klan Lancer Evo Jadi Crossover

Kompas.com - 30/04/2015, 13:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Apakah Mitsubishi akan meneruskan klan Lancer Evolution dalam portofolionya? Pertanyaan ini kerap muncul ketika bicara soal masa depan model baru Mitsubishi Motors Corporation.

Keterangan lantas disampaikan oleh Tetsuro Aikawa, Presiden Mitsubishi menyatakan kalau pabrikan sudah menyiapkan generasi baru atau boleh disebut sebagai penerus klan Evolution. Bocorannya, suksesor Evo akan menawarkan perubahan drastis karena berbeda segmen, bukan lagi bertarung sebagai sedan, melainkan menjadi SUV kompak atau crossover.

"Di masa depan, kami berencana meluncurkan kendaraan baru dengan karakteristik Evo. Di Jepang, ketika anda mengatakan 'Oh' untuk Evo, artinya 'raja'. Jadi kami mau meluncurkan kendaraan seperti ini, menawarkan teknologi mobil listrik dan hibrida plug in, yang terdepan di segmennya. EV untuk mobil listrik atau 'O' untuk raja Evo," jelas Aikawa dilansir Autocar (28/4/2015).

Generasi baru Mitsubishi Evo akan diproduksi menggunakan platform ASX atau di Indonesia disebut Outlander Sport. Dugaannya, crossover ini akan menawarkan tenaga yang lebih dahsyat dengan teknologi hibrida plug in andalan terbaru Mitsubishi.

Sosok Mitsubishi ASV sudah diperlihatkan di Geneva Motor Show dengan nama XR-PHEV II. Sesuai namanya, konsep ini dibekali teknologi hibrida plug ini seperti yang sudah digunakan pada Outlander PHEV dan ditaksir menawarkan tenaga sampai 160 tk. Tapi, sebagai penerus Evo, sepertinya tenaga ini bisa didongkrak lebih besar lagi.

"Ini harus ringan dan cepat, orientasinya kekmampuan. Ini yang kami inginkan," jelas Aikawa. Evo baru ini, jelasnya, juga mendapat banyak masukan salah satunya dari ajang balap menanjak bukit, Pikes Peak Hillclumb ketika menggunakan mobil balap i-MiEV. Semua hasil penelitian yang didapat akan digunakan untuk menciptakan model yang ideal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com