Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Listrik BMW Mulai Diproduksi Massal

Kompas.com - 06/04/2014, 11:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Berlin, KompasOtomotif - Setelah dikembangkan sejak 2011 lalu, akhirnya BMW mulai memproduksi massal C Evolution di pabrik Berlin, Jerman, dilansir Motorcycle (5/4/2014). Skuter listrik ini sempat diproduksi dalam jumlah terbatas pada 2012 dan akhirnya resmi dipasarkan mulai tahun ini.

C Evolution merupakan salah satu pengembangan baru di industri sepeda motor global. Skuter listrik ini dibekali teknologi baterai lithium-ion, sama seperti yang digunakan pada i3. Setiap sepeda motor yang diproduksi menggunakan tiga modul, masing-masing terdiri dari baterai 12 sel. Modul ini ditutup oleh rangka alumunium, sekaligus menjadi komponen utama dari struktur sasis.

Motorcycle Proses perakitan.
Manajer Pabrik BWM Berlin, Marc Spielemann, mengatakan, dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk menciptakan lini produksi C Evolution. Proses perakitannya cukup unik sehingga butuh perhitungan yang ideal.

Berbeda dengan perakitan sepeda motor biasa, perakitan mesin skuter listrik ini terpisah karena ukurannya yang besar dan memerlukan peralatan khusus. Setiap pekerja wajib memeriksa setiap modul sebelum melepasnya ke bagian perakitan.

Dari sini, kemudian proses pemasangan bagian lain dilakukan, mulai dari frame depan, belakang, lengan ayun, karet, dan sistem transmisi.

Motorcycle Produksi massal perdana BMW C Evolution di pabrik Berlin, Jerman.
Setiap sepeda motor juga melalui pengetesan yang ketat, memastikan kondisinya tetap ideal. Setelah itu, baru tes pada alat dyno dan pengecatan dilakukan untuk sentuhan terakhir.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com