Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedan Papan Atas, Kencang tapi Irit BBM

Kompas.com - 16/03/2015, 15:34 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Untuk para eksekutif, pilihan kendaraan premium sebagai teman keseharian cukup beragam. Selain MPV, sedan masih menjadi simbol status dan kemewahan. Kendati demikian, tak hanya eksklusif, bertenaga dan irit bahan bakar bisa menjadi nilai lebih.

Apa yang ditawarkan PT Toyota Astra Motor (TAM) dengan Camry Hybrid adalah salah satu contoh kejelian melihat segmen ini. Kenyamanan dan eksklusivitas Camry yang teruji masih menjadi senjata untuk menggaet lebih banyak konsumen. Namun yang patut disoroti dalam hal ini adalah teknologi dan efisiensi.

Camry Hybrid mengadopsi teknologi Hybrid Synergy Drive (HSD), penyempurnaan dari Toyota Hybrid System (THS). Dua sumber tenaga, mesin berbahan bakar bensin dan motor listrik dikombinasikan secara pintar demi mencapai efisiensi maksimal.

Ada lima perintah yang diatur HSD agar tercapai efisiensi penggunaan energi. Berikut urutannya:

1. Mobil menyala pertama kali, hanya motor elektrik yang akan bekerja. Tak heran jika saat dinyalakan, penumpang tak mendengar sama sekali deru mesin, karena memang motor listrik tak mengeluarkan bunyi-bunyian.

2. Berkendara normal, dua sumber tenaga akan bersamaan digunakan. Saat mobil berjalan pada kecepatan lebih dari 20 kpj, HSD menggunakan mesin bensin.

3. Meski sanggup bekerja secara individual, kedua energi tersebut juga mampu bekerjasama untuk efisiensi maksimal. Hal ini dibuktikan saat mesin melaju kencang, dua-duanya akan saling mengisi demi efisiensi maksimal.

4. Saat deselerasi, kedua sumber energi dimatikan, sehingga momentum akan digunakan untuk mengisi ulang baterai.

5. Saat berhenti secara penuh, mesin akan dimatikan secara otomatis.

zigwheels Kombinasi mesin bensin dan motor elektrik membuatnya sangat efisien.

Jika dibelah detail, mesin 4-silinder bensin Camry Hybrid sama dengan versi non-Hybrid. Namun saat bersinergi dengan motor elektrik, tenaga total yang dihasilkan mencapai 203 tk. Sementara torsi maksimal mencapai 270 Nm.

Dengan HSD yang secara pintar mengatur penggunaan mesin, jangan heran jika mobil ini sangat irit bahan bakar. Dalam pengujian yang dilakukan salah satu media, pemakaian dalam kota Camry Hybrid mencapai 21 kpl. Sementara untuk penggunaan luar kota 18,7 kpl.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com