Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Baru Honda CR-Z Bakal Lebih Dahsyat

Kompas.com - 12/03/2015, 09:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tochigi, KompasOtomotif - Honda CR-Z telah memasuki siklus hidup All-New sejak pertama diproduksi pada 2010 lalu. Generasi terbaru satu–satunya model hibrida Honda yang dipasarkan di Indonesia ini dikabarkan datang membawa perubahan sangat besar dengan orientasi performa.

Menurut artikel Car and Driver, Rabu (11/3/2015), sumber dari pusat R & D Honda di Tochigi, Jepang, mengungkap All-New CR-Z lahir tiga tahun dari sekarang. Pengembangannya turunan dari NSX dan Civic Type R terbaru yang sudah dipamerkan di pameran otomotif dunia.

Febri Ardani Honda CR-Z versi Mugen.

Model awal CR-Z dibangun dari modifikasi arsitektur Jazz, bedanya tangki bahan bakar Jazz diletakan di tengah sedangkan CR-Z di belakang. Kini agar efisien, Honda putuskan memakai platform Civic buat CR-Z baru, namun dirancang lebih pendek.

Dimensi bisa saja berubah mengikuti hal itu, menjadi lebih besar dibanding sebelumnya. Rumornya untuk pasar Amerika Serikat CR-Z akan menggendong mesin 4-silinder VTEC 2.0L turbo milik Civic Type R 2016, potensi tenaga mencapai 280 tk dengan seting yang berbeda.

Meski belum bisa dipastikan, posisi pasar All-New CR-Z meningkat sebagai model performa. Spekulasi disebutkan model baru ini bisa saja disebut Civic CR-Z, karena berbasis Civic.  

“Dua alasan yang memaksa Honda mengeluarkannya (di Eropa dan Amerika), karena kurang kredibelitas dan minim performa dari mesin hibrida yang kini dipakai. Coupe terbaru ini akan lebih kuat untuk diperhitungkan,” jelas sumber.

Jepang

Perlakuan berbeda dilakukan untuk pasar Jepang. Generasi kedua CR-Z dikatakan tetap memakai sistem unit hibrida namun mendapatkan revisi, menggunakan 1.5L turbocharger hybrid i-DCD bertenaga total 200 tk serta transmisi 8-percepatan.

Belum ada pernyataan resmi Honda, mestinya bila informasi ini valid sosok konsep sudah bisa terlihat di salah satu pameran otomotif besar sebelum 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com